Soloraya
Kamis, 18 November 2010 - 19:21 WIB

Sebagian pengungsi Merapi di Wonogiri kembali ke daerah asal

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)--Sebagian dari 120 pengungsi korban letusan Gunung Merapi yang mengamankan diri di Kecamatan Manyaran, Wonogiri sejak dua pekan lalu mulai kembali ke daerah asal. Saat ini di kecamatan tersebut tinggal sekitar 60 pengungsi yang tersebar di Desa Karanglor, Pijiharjo, Gunungan dan Pagutan.

Camat Manyaran, Ristanti, kepada wartawan, Kamis (18/11) mengungkapkan belum ada informasi pasti mengapa para pengungsi itu masih bertahan di wilayahnya. “Ini baru mau saya tanyakan kepada mereka. Bisa jadi mereka masih takut untuk kembali karena status Merapi yang masih awas, atau bisa juga karena rumah mereka rusak sehingga mereka tidak bisa kembali. Ini penting untuk penanganan lebih lanjut,” ujar Ristanti.

Advertisement

Sementara itu, di Kecamatan Jatisrono, jumlah pengungsi Merapi yang dua pekan lalu jumlahnya mencapai 60-an orang, hampir semuanya sudah kembali. “Saat ini paling tinggal 3-4 orang. Lainnya sudah kembali ke daerah asal mereka,” ungkap salah satu anggota DPRD dari daerah Jatisrono, Tuharno, saat ditemui Espos, Kamis.

Lain lagi di Kecamatan Purwantoro. Di wilayah paling timur Wonogiri yang berbatasan langsung dengan Ponorogo, Jawa Timur itu, semua pengungsi Merapi yang berjumlah 32 orang, masih bertahan.

“Mereka terus mengikuti pemberitaan di media massa dan mengetahui bahwa status Merapi masih awas, mereka memilih bertahan, sambil menunggu Merapi benar-benar aman,” kata Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Purwantoro, Fredy Sasono.

Advertisement

shs

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Merapi Pengungsi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif