Kamis, 18 November 2010 09:19 WIB News Share :

69 Kali gempa hembusan di Gunung Semeru

Surabaya–Aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni Gunung Semeru masih berlangsung. Dalam 24 jam terakhir, sebanyak 69 kali terjadi gempa hembusan (letusan atau pelepasan energi dari perut Gunung Semeru).

Dari pengamatan dan seismik di Pos Pantau Semeru di Gunung Sawur, Candipuro, Kabupaten Lumajang, data selama 24 jam terakhir juga tercatat, tujuh kali gempa guguran, sekali gempa vulkanik dangkal, tiga kali gempa tektonik jauh dan sembilan kali gempa tremor dan tidak ada kejadian guguran awan panas.

“Kalau melihat kondisinya memang normal. Tapi statusnya masih waspada,” kata Petugas Pos Pantau Semeru di Gunung Sawur, Candipuro, Lumajang, Mukdas Sofyan saat dihubungi, Kamis (18/11).

Meski dirasa tidak ada kejadian yang menonjol di Gunung Semeru, Sofyan mengaku pos pantau tidak berani memutuskan, apakah gunung tertinggi di Pulau Jawa itu statusnya bisa turun.

“Penentuan status, kita tidak bisa. Semua perkembangan kita laporkan ke kantor pusat dan yang bisa menentukan status itu wewenang dari kantor pusat,” jelasnya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…