Kiky Racing Tim Kiky Racing Tim
Rabu, 17 November 2010 18:00 WIB Sport Share :

Virgin janjikan tes F1 lagi untuk Rio

Kiky Racing Tim

Kiky Racing Tim

Jakarta--Tes Formula 1 Rio Haryanto sempat terganggu karena masalah girboks. Pembalap muda Indonesia ini pun sempat dijanjikan mendapatkan kesempatan lagi merasakan mobil Virgin Racing di Valencia tahun depan.

Pada saat tes rookie F1 di Yas Marina, Selasa (16/11), Rio seharusnya menjalani lima sesi latihan dari pagi hingga siang. Namun dia hanya dapat hanya menyelesaikan dua sesi tes sebelum mengalami masalah pada girboks.

Meski demikian, catatan waktu yang dibuat oleh Rio terus membaik dan puncaknya terjadi pada lap 21 dengan catatan waktu 1:49,439 detik. Hasil tersebut membuat pembalap 17 tahun ini berada di posisi ke-13 dalam tes rookie F1 tersebut.

Namun, hasil yang diraih oleh Rio tersebut langsung mendapatkan pujian dari John Booth, Team Principal Virgin Racing. Bahkan Booth menjanjikan akan memberikan kesempatan lagi kepada Rio melakukan tes di Valencia tahun depan.

“Memang ada masalah girboks, tetapi itu biasa dalam tes. Kami berjanji mengganti program yang terganggu ini, di mana seharusnya Rio melahap 50 lap, dengan tes F1 di Valencia, Spanyol, tahun depan,” ujar Booth dalam rilis.

Sementara Rio mengakui bahwa seharusnya dia bisa mendapatkan kesempatan lebih banyak lagi. Tentu saja catatan waktu juga bisa lebih diperbaiki karena saat di dua sesi tersebut setting mobil VR-01 memang belum maksimal.

“Jadi kita rencananya menjalani 5 sesi setiap sesi 10 lap. Di dua sesi pertama mobl memang di setting untuk adaptasi. Tapi kami berhenti karena girboks jadi catatan lap time belum maksimal,” kata Rio via telpon, Rabu (17/11).

Meski demikian, pernyataan John Booth yang berjanji akan menggantinya dengan tes di Valencia ditanggapi santai oleh Rio. Tapi yang pasti dia sudah memiliki pengalaman berada dibalik mobil Formula 1.

“Soal kompensasinya di Valencia dari tim, memang belum tahu pasti. Tapi yang jelas jika memang ada maka itu akan lebih gampang karena saya sudah merasakan mobil F1,” kata pembalap Indonesia pertama yang menjajal mobil F1.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. ATALIAN GLOBAL SERVICE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…