Rabu, 17 November 2010 08:05 WIB News Share :

Sultan HB X Salat Idul Adha bareng pengungsi di Maguwoharjo

Jogja--Gelaran Salat Idul Adha kembali digelar di lokasi pengungsian Merapi, Stadion Maguwoharjo, Sleman. Mereka salat berjamaah di halaman stadion bagian timur secara khusyuk.

Pantauan detikcom, Rabu (17/11/2010), salat dimulai pukul 06.30 WIB. Tidak ada perbedaan siginifikan antara jumlah jamaah yang mengikuti salat Idul Adha hari ini dengan yang kemarin. Sekitar 1.500-2.000 orang mengikuti rangkaian salat Idul Adha dengan khusyu.

Salat ini diikuti oleh Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X beserta jajaran pemprov. Imam dan khatib adalah Rektor UIN Kalijaga Amin Abdullah.

Usai salat, acara dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. Jumlah hewan kurban yang akan disembelih hari ini adalah 22 sapi dan 32 kambing. Dari 22 sapi yang dikurbankan, 2 berasal dari Presiden SBY dan 1 dari Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X.

Salat Idul Adha berjalan dengan aman. Umat Islam yang sudah menggelar salat Idul Adha kemarin tetap menghormati keyakinan saudaranya yang baru salat hari ini. Sebagian mereka ada yang memilih tidur-tiduran di pos pengungsi.

“Sampun wingi Mas,” ujar warga Glagaharjo, Tono.

Pukul 07.00 WIB, cuaca di pengungsian sangat cerah dengan matahari yang bersinar terik. Gunung merapi yang berdiri kokoh tampak jelas terlihat puncaknya dengan asap yang masih mengepul di puncaknya.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
4 orang Penerjemah fasih berbahasa mandarin & 2 orang Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…