Rabu, 17 November 2010 06:06 WIB Sport Share :

Rio dipuji usai tes dengan mobil F1

Abu Dhabi– Ujicoba pertama Rio Haryanto dengan mobil F1 disambut dengan pujian. Meski sempat mengalami masalah dengan mobil, ada yang menyebut Rio sudah melakukan tes dengan baik.

Rio menjadi pembalap pertama Indonesia yang menjajal mobil F1. Di balik kemudi VR-01, pembalap berusia 17 tahun itu melahap 21 lap di sikuit Yas Marina saat sesi tes Selasa (17/11) pagi waktu setempat.

Ia mencatat waktu lap 1 menit 49,439 detik dan membuat Rio ada di posisi ke-13 dalam sesi tersebut. Sedangkan waktu lap tercepat diraih pembalap muda Red Bull Daniel Ricciardo dengan waktu 1,40.813 detik.

Dalam sesi ujicoba tersebut, waktu terbaik terus dibuat Rio dari lap ke lap, dengan puncaknya terjadi pada lap 20 dengan catatan 1:49,439 detik tersebut. Tetapi, setelah itu ada kerusakan
girboks di mobil Rio di mana gigi limanya bermasalah.

Rio pun tak bisa melanjutkan sesi yang awalnya direncanakan bakal berlangsung selama 50 lap itu. Mekanik Virgin butuh waktu yang lama untuk memperbaiki girboks karena sesi pagi sudah harus selesai pada pukul 12.30 dan sesi petang sudah dijadwalkan untuk Jerome D’Ambrosio, pembalap Belgia yang memang sudah menjadi penguji Virgin Racing.

“Rio melakukan sesuatu yang luar biasa hari ini. Dari semua pembalap yang ikut tes di sini, hanya dia yang tidak pernah berlaga sebelumnya di Abu Dhabi. Jadi dengan kondisi serba-pertama ini saya pikir apa yang telah dilakukan Rio selama sekitar 20 lap itu tergolong bagus,” ujar Team Principal Virgin Racing John Booth dalam rilis yang diterima oleh detikSport.

“Saya sungguh senang bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri sejarah yang dibuat salah satu putra terbaik Indonesia di arena olahraga, Rio Haryanto. Apa yang dilakukannya hari ini sungguh membuka mata dunia, terutama di kawasan Timur Tengah dan UEA, bahwa Indonesia juga punya nama hebat di arena olahraga.”

“Kalau ada kesempatan menjual nama Rio di sini, tentu akan saya lakukan dengan program-program yang berkaitan dengan Indonesia. Semoga Rio segera lebih mendunia dengan prestasi yang sama-sama kita banggakan,” ucap Dubes RI untuk Uni Emrirat Arab Mohammad Wahid.detikcom

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…