Rabu, 17 November 2010 21:00 WIB Solo Share :

Lelang pengelolaan TPA Putri Cempo diproses tahun ini

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akhirnya memastikan lelang pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo diproses tahun 2010 ini, menyusul telah ditetapkannya anggaran senilai Rp 49 juta dari APBD Perubahan (APBD-P) 2010 untuk keperluan tersebut.

Menyikapi tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam mempersiapkan kerja sama dengan pihak ketiga yang akan mengelola TPA tersebut, selain Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Pemkot memutuskan menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai pendamping.

“Ya, saya mengajukan ada pendampingan juga dari BPKP selain pendampingan dari Bappenas. Sebab ternyata untuk mempersiapkan kerja sama dengan pihak ketiga membutuhkan tahapan-tahapan tertentu yang cukup panjang dan rumit. Namun untuk proses lelangnya tetap akan dilaksanakan tahun ini walaupun mungkin penetapan lelangnya tidak sekarang,” ungkap Walikota Solo Joko Widodo, atau yang lebih akrab disapa Jokowi, ketika ditemui wartawan di Balaikota Solo, Selasa (17/11).

Senada dikemukakan Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. “Yang jelas proses persiapan lelang TPA Putri Cempo tetap dilaksanakan tahun ini karena kan dananya sudah disiapkan dari APBD sehingga harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Rudy, panggilan akrab Wawali.

Sebagaimana diketahui, sebelum melaksanakan kerja sama pemerintah swasta (KPS) dalam hal pengelolaan sampah di TPA Putri Cempo, Pemkot ternyata harus melalui sejumlah tahapan yang cukup panjang. Hal ini tak terlepas dari amanat Pepres No. 13 Tahun 2010 tentang kerjasama pemerintah daerah dengan badan usaha.

sry

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…