Rabu, 17 November 2010 10:43 WIB Solo Share :

Lagi, Distan Kota Solo temukan cacing hati

Solo (Espos)–Tim Dinas Pertanian (Distan) Kota Solo kembali menemukan sejumlah hewan kurban tahun ini yang terjangkit penyakit cacing hati.
Penyakit yang menyerang hati sapi tersebut menyerang lima persen dari jumlah sapi kurban di Kota Bengawan.

Penjelasan itu disampaikan Kepala Distan Solo, Weni Ekayanti saat ditemui Espos Selasa (16/11). “Berdasar pantauan petugas yang kami sebar ditemukan beberapa sapi yang terkena cacing hati. Kami minta panitia penyembelihan hewan kurban membuang bagian hati sapi yang terkena penyakit ini,” katanya.

Ia menambahkan hati sapi tetap aman dikonsumsi asal bagian yang terkena penyakit cacing dibuang. Masyarakat dan panitia penyembelihan hewan kurban tidak perlu takut bila menemukan penyakit itu. Masih adanya hewan kurban yang terkena cacing hati dikarenakan sulit mendeteksi penyakit itu bila belum disembelih.

Menurut Weni terdapat sekitar 580 lokasi penyembelihan hewan kurban di Solo. Petugas Distan memeriksa kondisi daging kurban di sebagian besar lokasi penyembelihan tersebut. Tujuannya untuk memastikan daging kurban layak dan sehat dikonsumsi masyarakat.

kur

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…