Rabu, 17 November 2010 16:17 WIB News Share :

Kerusuhan di Jayapura, rumah seorang wartawan ikut dirusak

Kerusuhan di Jayapura (foto: Erwin Senduk/detikcom)

Kerusuhan di Jayapura (foto: Erwin Senduk/detikcom)

Jakarta–Kerusuhan antar suku di Papua menyebabkan tiga orang luka, dan 35 rumah dibakar. Salah satu rumah yang dirusak adalah rumah milik wartawan yang letaknya berada di Kampung Yoka.

Pantauan di lapangan, rumah milik wartawan, Jorsul Satuan ikut dirusak oleh warga. Untungnya, rumah Jorsul tidak jadi dibakar oleh massa. “Jadi, waktu penyerangan saya lagi meliput Sholat Ied. Lalu dengar info penyerangan. Setelah sampe di kampung saya, rumah-rumah sudah dibakar habis dan dirusak termasuk rumah saya nyaris di bakar,” cerita Jorsul.

Jorsul mengaku shock dengan kejadian ini. Ia bersyukur rumahnya tidak sampai dibakar massa. Rumahnya pun hanya mengalami kerusakan ringan.

Sementara itu, aparat masih bersiaga di semua titik di Kampung Yoka. Sementara satu unit mobil Baracuda dan Water Canon juga disiagakan untuk menjaga kemungkinan adanya serangan susulan. Sampai saat ini, polisi setempat belum melakukan penangkapan bagi para pelaku pembakaran.

Dalam kerusuhan ini, 35 rumah dibakar, dua mobil dirusak. Tiga orang warga mengalami luka-luka karena sabetan parang, panah dan senapan angin. Aksi penyerangan dipicu dari pembuatan lagu nada dering atau ringtone handphone seluler oleh masyarakat suku yang diserang, yang dinilai menganggu kehormatan dan martabat suku lain.

Masyarakat suku yang disinggung pun tak terima, langsung melakukan penyerangan. Kejadian ini tak sampai menimbulkan korban jiwa, namun korban material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

dtc/tiw

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…