News
Rabu, 17 November 2010 - 13:00 WIB

Kerusuhan di Jayapura, puluhan rumah dibakar

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kerusuhan antar suku di Papua pecah. Sebanyak 35 rumah dibakar, dan dua mobil dirusak massa. Tiga warga mengalami luka-luka akibat kena sabetan parang dan panah.

Kerusuhan ini terjadi pukul 09.00 WIT, Rabu (17/11). Salah satu suku menyerbu perkampungan suku lainnya, dan membakar rumah-rumah milik warga.

Advertisement

Dua unit mobil yang dirusak yakni jenis Mitsubishi Strada dan Volkswagen. 3 warga dikabarkan mengalami luka-luka dalam insiden ini. Ketiga korban luka akibat terkena sabetan parang, tembakan senapan angin dan panah.

“Jadi, setelah melakukan penyisiran, ada sebanyak 35 rumah yang hangus dibakar warga. Dua mobil dirusak dan tiga orang luka,” ujar Kapolresta Jayapura, AKBP Imam Setiawan ketika dihubungi detikcom.

Kendati mengaku situasi sudah kondusif, Kapolresta mengatakan masih akan menyiagakan aparat keamanan untuk meredam aksi balasan dari suku yang diserang.

Advertisement

Aksi penyerangan dipicu dari pembuatan lagu nada dering atau ringtone handphone seluler oleh masyarakat suku yang diserang, yang dinilai menganggu kehormatan dan martabat suku lain.

Masyarakat suku yang disinggung pun tak terima, langsung melakukan penyerangan. Kejadian ini tak sampai menimbulkan korban jiwa, namun korban material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

dtc/tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Jayapura
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif