Rabu, 17 November 2010 13:00 WIB News Share :

Kerusuhan di Jayapura, puluhan rumah dibakar

Jakarta–Kerusuhan antar suku di Papua pecah. Sebanyak 35 rumah dibakar, dan dua mobil dirusak massa. Tiga warga mengalami luka-luka akibat kena sabetan parang dan panah.

Kerusuhan ini terjadi pukul 09.00 WIT, Rabu (17/11). Salah satu suku menyerbu perkampungan suku lainnya, dan membakar rumah-rumah milik warga.

Dua unit mobil yang dirusak yakni jenis Mitsubishi Strada dan Volkswagen. 3 warga dikabarkan mengalami luka-luka dalam insiden ini. Ketiga korban luka akibat terkena sabetan parang, tembakan senapan angin dan panah.

“Jadi, setelah melakukan penyisiran, ada sebanyak 35 rumah yang hangus dibakar warga. Dua mobil dirusak dan tiga orang luka,” ujar Kapolresta Jayapura, AKBP Imam Setiawan ketika dihubungi detikcom.

Kendati mengaku situasi sudah kondusif, Kapolresta mengatakan masih akan menyiagakan aparat keamanan untuk meredam aksi balasan dari suku yang diserang.

Aksi penyerangan dipicu dari pembuatan lagu nada dering atau ringtone handphone seluler oleh masyarakat suku yang diserang, yang dinilai menganggu kehormatan dan martabat suku lain.

Masyarakat suku yang disinggung pun tak terima, langsung melakukan penyerangan. Kejadian ini tak sampai menimbulkan korban jiwa, namun korban material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

dtc/tiw

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….