Rabu, 17 November 2010 17:29 WIB Wonogiri Share :

Hewan kurban, Disnakperla Wonogiri temukan cacing hati

Wonogiri (Espos)–Petugas kesehatan hewan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri menemukan cacing hati pada salah seekor kambing kurban yang telah dipotong seusai penyelenggaraan salat Idul Adha di Masjid Al Fatih Pokoh, Wonoboyo, Wonogiri, Rabu (17/11).

Sehari sebelumnya, sebanyak tiga ekor kambing kurban juga terpaksa diminta untuk tidak dipotong lantaran mengidap penyakit scabies atau penyakit kulit. Dua di antaranya ditemukan di daerah Pokoh, Wonoboyo, Wonogiri, sedangkan satu ekor lainnya ditemukan di Kelurahan Wuryorejo.

Kabid Kesehatan Hewan Disnakperla Wonogiri, drh Ismaryati, kepada wartawan, Rabu mengungkapkan sejumlah petugas telah disebar ke seluruh penjuru Wonogiri kota sebelum Hari Raya Idul Adha untuk memeriksa hewan yang hendak dikurbankan. “Memang ada ditemukan tiga ekor kambing yang menderita scabies, yaitu penyakit kulit, di Pokoh dan Wuryorejo. Sudah langsung kami minta agar tidak dipotong. Sebab, dalam aturannya, hewan kurban kan tidak boleh cacat,” jelas Ismaryati.

Terpisah, Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Disnakperla Wonogiri, Ristiono, yang melakukan pemeriksaan terhadap daging yang sudah dipotong mengatakan menemukan cacing hati pada seekor kambing yang telah dipotong di Masjid Al Fatih, Pokoh. Pihaknya langsung meminta agar hati yang mengandung cacing itu dimusnahkan. Tapi menurutnya, dagingnya tetap boleh dibagikan kepada masyarakat.

shs

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…