Soloraya
Rabu, 17 November 2010 - 09:25 WIB

Dispertan Sukoharjo temukan cacing hati pada hewan kurban

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)--Dinas Pertanian (Dispertan) Sukoharjo menemukan cacing hati pada hewan kurban. Temuan itu didapat di sela-sela pantuan petugas di pusat penyembelihan hewan kurban di Mesjid Jami’ Raudlatul Jannah, Kelurahan Joho, Sukoharjo, Selasa (16/11).

Kepala Dispertan Sukoharjo, Giyarti bersama Kepala UPTD Pos Kesehatan Hewan Dispertan, Ngatmini yang memantau langsung di lokasi, saat itu menyarankan kepada warga untuk membuang sebagian hati sapi yang sudah digerogoti cacing tersebut. Pasalnya, hati yang sudah tampak dipenuhi lubang karena dijadikan sarang cacing tersebut dianggap tidak layak dikonsumsi.

Advertisement

“Bagian hati sapi harus diperiksa satu per satu. Soalnya, sewaktu belum disembelih meski sapinya kelihatannya sehat, belum tentu terjamin bebas dari cacing hati,” papar Giyarti kepada wartawan di sela-sela pantuan.

Cacing hati, imbuhnya, pada dasarnya bisa dimusnahkan antara lain dengan cara merebus hati tersebut dengan suhu air tidak boleh kurang dari 100 derajat celcius. Sehingga pada saat hati itu akan dikonsumsi, cacingnya harus dipastikan tidak bernyawa lagi dan tidak berpindah ke tubuh manusia. Cacing hati yang pindah ke tubuh manusia, terangnya, bisa menimbulkan risiko terkena penyakit hepatitis B. Di sisi lain Giyarti menerangkan, Dispertan telah mengerahkan 30 petugas untuk memantau lokasi penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha sejak Selasa (16/11)-Sabtu (20/11).

hkt

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Cacing Hati
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif