Rabu, 17 November 2010 09:25 WIB Sukoharjo Share :

Dispertan Sukoharjo temukan cacing hati pada hewan kurban

Sukoharjo (Espos)--Dinas Pertanian (Dispertan) Sukoharjo menemukan cacing hati pada hewan kurban. Temuan itu didapat di sela-sela pantuan petugas di pusat penyembelihan hewan kurban di Mesjid Jami’ Raudlatul Jannah, Kelurahan Joho, Sukoharjo, Selasa (16/11).

Kepala Dispertan Sukoharjo, Giyarti bersama Kepala UPTD Pos Kesehatan Hewan Dispertan, Ngatmini yang memantau langsung di lokasi, saat itu menyarankan kepada warga untuk membuang sebagian hati sapi yang sudah digerogoti cacing tersebut. Pasalnya, hati yang sudah tampak dipenuhi lubang karena dijadikan sarang cacing tersebut dianggap tidak layak dikonsumsi.

“Bagian hati sapi harus diperiksa satu per satu. Soalnya, sewaktu belum disembelih meski sapinya kelihatannya sehat, belum tentu terjamin bebas dari cacing hati,” papar Giyarti kepada wartawan di sela-sela pantuan.

Cacing hati, imbuhnya, pada dasarnya bisa dimusnahkan antara lain dengan cara merebus hati tersebut dengan suhu air tidak boleh kurang dari 100 derajat celcius. Sehingga pada saat hati itu akan dikonsumsi, cacingnya harus dipastikan tidak bernyawa lagi dan tidak berpindah ke tubuh manusia. Cacing hati yang pindah ke tubuh manusia, terangnya, bisa menimbulkan risiko terkena penyakit hepatitis B. Di sisi lain Giyarti menerangkan, Dispertan telah mengerahkan 30 petugas untuk memantau lokasi penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha sejak Selasa (16/11)-Sabtu (20/11).

hkt

lowongan pekerjaan
PT. Lemindo Abadi Jaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…