Selasa, 16 November 2010 15:47 WIB News Share :

Mensos jamin 2014 Indonesia bebas anak jalanan

Jakarta–Kementerian Sosial terus berusaha memberikan perlindungan bagi anak-anak jalanan. Kemensos pun optimistis pada tahun 2014 nanti, Indonesia akan bebas anak jalanan.

“Kita harapkan pada tahun 2014 nanti tidak ada anak jalanan di seluruh daerah di Indonesia,” ujar Mensos Salim Segaf Al Jufri seperti dilansir detikcom, Selasa (16/11).

Hal itu dapat tercapai jika 7 Kementerian berserta Polri bersama-sama bekerja sama untuk melindungi para penerus Bangsa ini. Sesuai dengan bagiannya, kerjasama lintas sektor ini diharapkan akan membantu meningkatkan kesejateraan anak jalanan.

“Pastinya dengan tugas masing-masing, kita akan terus bekerja sama, yang intinya memberi perhatian untuk kesejahteraan anak,” jelas Salim.

Adapun tujuh kementerian itu adalah Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Kementerian Hukum dan HAM serta Polri. Dimana semuanya ini nantinya akan saling berkoordinasi.

Khusus untuk di Jakarta sendiri, politisi PKS ini berupaya agar tahun 2011, anak jalanan tidak lagi menjadi pemandangan di setiap sudut kota Jakarta. Walaupun itu mungkin sulit, tapi dia tetap optimis.

“Dalam mencapai sesuatu itu penting adanya target, dan itu aka menjadi target kita,” imbuhnya.

Bukti dari keseriusan pemerintah untuk melindungi anak-anak jalanan adalah dengan penandatanganan kesepakatan bersama tentang Peningkatan Kesejahteraan Sosial Anak Jalanan.

Kesepakatan itu resmi berlaku mulai hari ini sejak ditandatangani secara serempak hingga 5 tahun ke depan.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…