Selasa, 16 November 2010 05:40 WIB Ekonomi Share :

Harga kain katun naik 30%

Solo (Espos)--Sebulan terakhir, harga kain katun baik di kalangan pedagang seceran maupun grosir naik sebesar 30%.

Pasokan kapas yang turun ke sejumlah produsen kain ditengarai memengaruhi kenaikan harga ini. Hal tersebut seperti terlihat dalam pantauan Espos di beberapa pedagang kain katun di Pasar Klewer, Senin (15/11).

Di toko tekstil grosir Warna Agung, harga kain katun kualitas atas naik dari Rp 14.500 menjadi Rp 18.000 per meter.

Menurut sang pemilik, Ivke Setyawati, selama sebulan belakangan, harga kain katun selalu naik rata-rata Rp 1.000 per pekan. Sementara di tingkat pengecer, seperti terjadi di toko tekstil Mandala, harga kain katun juga naik dari Rp 11.000 menjadi Rp 13.000 per meter.

Diungkapkan pemilik toko tekstil Mandala, Iwan, pasokan kain katun yang ia terima memang belum tersendat. Namun lantaran harganya yang semakin melambung, ia tidak berani menyetok banyak seperti biasa.

“Stok lama dengan harga yang berlaku dulu masih ada. Lagipula jarang ada pedagang eceran yang lalu kulakan banyak setelah harga katun sekarang naik drastis,” sebutnya saat ditemui Espos di tokonya.

m92

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…