Senin, 15 November 2010 16:17 WIB Haji Share :

Semua jemaah Indonesia sudah masuk Arafah, tiga wafat

Mekah–Semua jemaah Indonesia saat ini sudah masuk padang Arafah untuk melakukan wukuf yang merupakan inti ibadah haji. Tercatat ada tiga jemaah meninggal di Arafah.

“Pada posisi tadi pagi seluruh jemaah sudah masuk ke Arafah. Sejak kemarin bergerak ke Arafah dan  terakhir yang masuk pukul 08.00 pagi tadi dari Solo ,” kata Sekjen Kemenag Bahrul Hayat di tenda Media Center Haji (MCH) Arafah, Makkah, Senin (15/11).

Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, mencatat  total jemaah reguler berjumlah 198.553 atau 494 kloter. Dari data itu tercatat  ada 111 jemaah yang wafat di tanah suci.

Terakhir jemaah yang wafat adalah Kasiyah Sukarni binti Sukarni. Jemaah asal Ampel Tulungagung Jawa Timur itu meninggal dalam usia 77 tahun di Arafah pada pukul 07.00 waktu Arab Saudi pagi tadi. Kasiyah meninggal akibat  respiratory arrest.

Sebelumnya pukul 01.15, Ny Milasih binti Asmat Slamet wafat dalam usia 68 tahun. Perempuan yang tinggal di kompleks Sekneg DKI Jakarta meninggal karena cardiac arrest.

“Laporan yang kami terima ada 104 jemaah yang akan kita safari wukuf kan karena terganggu kesehatannya. Yang akan kita badalhajikan 128 orang termasuk jemaah yang meninggal di embarkasi,” ucap Bahrul.

Wukuf di Arafah akan dipimpin Amirul Haj Suryadharma Ali sekitar pukul 12.00 waktu Arab Saudi. Khutbah wukuf akan disampaikan Naib Amirul Haj Hasyim Muzadi.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…