Senin, 15 November 2010 00:40 WIB Sragen Share :

PKS-PKB segera munculkan calon alternatif

Sragen (Espos)–Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal berkoalisi memunculkan pasangan calon baru dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2011 mendatang.

Berdasarkan hasil survei PKS, jumlah pemilih massa mengambang (swing voters) masih berkisar 70%-80%.

Artinya peluang menang untuk calon baru masih besar di samping sejumlah pasangan calon yang sudah ada. Setidaknya ada dua pasangan Agus Fatchurrahman-Daryanto (ADA) dan Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Darmawan Minto Basuki (YUDA). Kemungkinan besar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga akan memunculkan pasangan nama baru.

Persoalan tersebut mencuat dalam Musyawarah Daerah (Musda) Ke-2 PKS Sragen, Minggu (14/11) di Gedung Korpri Sragen.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Sragen terpilih, Dedy Endriyatno saat ditemui Espos, Minggu kemarin, mengungkapkan komunikasi PKS dan PKB baru dibangun dalam tataran lisan.

Kendati demikian, kata dia, PKS dan PKB segera mewujudkan koalisi ini dalam hitam di atas putih.

“Selain itu PKS dan PKB akan membuat kontrak politik yang kemudian disodorkan kepada para pasangan calon. Pasangan calon yang menyetujuinya bakal dikawal PKS dan PKB sampai ke Pilkada mendatang. Kemungkinan terburuk, koalisi PKS dan PKB akan memunculkan calon baru,” tegas Dedy yang diamini Ketua Bidang Pembinaan Kader DPD PKS Sragen dr Aris Surawan.

Dedy menguraikan sejauh ini PKS sudah menjadi komunikasi dengan tiga nama calon, yakni Ali Badarudin, Suparlan Ismanto dan Wiyono. Namun ketiga nama itu, imbuhnya, masih berbeda perspektif tentang Pilkada. Dedy menegaskan PKS juga belum bersikap tentang calon mana yang bakal didukung.

Sementara itu Ketua DPC PKB Sragen, Mukafi Fadli juga mengakui koalisi dengan PKS belum ada hitam di atas putih. Dia berharap koalisi yang dibangun PKB tidak hanya dengan PKS, tetapi juga dengan Partai Demokrat (PD), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

trh

lowongan pekerjaan
PT.SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…