Senin, 15 November 2010 14:01 WIB Solo Share :

Dandim 0735/Solo panen jagung hibrida lahan kritis

Solo (Espos)--Dandim 0735/Solo Letkol Inf Agus Subiyanto bersama jajaran Muspika Jebres melakukan panen perdana jagung hibrida program TNI Manunggal Pertanian, Senin (15/11) siang.

Lokasi lahan garapan di Kampung Mipitan RT 5/RW XXIX Mojosongo, Jebres seluas satu hektare adalah milik lima petani setempat. Hasil panen sekitar satu ton/250 meter persegi. Selama ini lahan yang berada di sekitar area permakaman itu dibiarkan bera alias tidak digarap pemiliknya lantaran kurang air. Untuk itu sejak tiga bulan lalu Kodim bersama petani menggarap lahan dengan bantuan pengadaan benih jagung oleh Yayasan Sejahtera Indonesia.

Dandim Letkol Inf Agus Subiyanto saat ditemui wartawan di sela kegiatan mengatakan hasil panen terhitung bagus menilik kondisi lahan sebelumnya. Menurutnya kegiatan TNI manunggal dengan rakyat tersebut dilombakan dengan program serupa Kodim se-Jawa Tengah (Jateng). “Kegiatan ini digarap bareng lima petugas Babinsa dan lima petani pemilik lahan dengan bantuan benih dari Yayasan. Hasil panen jagung dibeli yayasan lalu uangnya untuk petani,” katanya.

Di sisi lain Camat Jebres, Basuki Anggoro Hexa menilai program TNI Manunggal Pertanian berhasil. Kegiatan penanaman jagung di lahan kering memberikan kontribusi positif bagi petani pemilik lahan.

kur

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…