News
Senin, 15 November 2010 - 06:20 WIB

137 Kloter jamaah Indonesia masuk Arafah

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Makkah–Jamaah calon haji asal Indonesia terus berdatangan masuk Arafah untuk melaksanakan wukuf yang merupakan inti ibadah haji. Diperkirakan dari sekitar 198 ribu jamaah sudah 50 persen lebih yang sudah masuk Arafah.

“Saya yakin sudah separuh lebih jamaah yang masuk Arafah, namun mungkin mereka masih menunda lapor hingga besok,” kata Wakasatgas Arafah Mas’ud Arib Mustary di Posko Penerangan Arafah, Minggu (14/10).

Advertisement

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama hingga pukul 21.30 waktu Arab Saudi, tercatat sudah 137 kloter atau sebanyak 55.958 jamaah masuk Arafah.

Total jamaah Indonesia 494 kloter. Jamaah bergerak menuju Arafah dengan dua gelombang yakni habis zuhur dan asar.

Diharapkan saat dimulai wukuf pukul 11.00 waktu Arab Saudi, Senin (15/11), seluruh jamaah sudah tenang berada di tendanya masing-masing. Kutbah wukuf akan disampaikan nakib Amirul Haj Hasyim Muzadi. Sementara Amirul Haj Suryadharma Ali dan Duta Besar untuk Arab Saudi Gatot Abdullah Masyur akan memberikan sambutan.

Advertisement

“Kami harapkan besok pagi sudah masuk Arafah semua. Biasanya tidak ada jamaah yang tertahan karena bus yang dinaiki jamaah sudah mendapatkan stiker untuk masuk Arafah,” kata Mas’ud.

Jamaah bergerak ke Arafah dengan bus-bus besar karena bus kecil dilarang masuk Arafah. Sejumlah jamaah melakukan sunnah tarwiyah yakni menuju Mina terlebih dulu baru kemudian ke Arafah.

Jamaah yang sudah tiba di Arafah langsung masuk tendanya masing-masing. Di Arafah ada 71 maktab atau kantor pelayanan jamaah. Setiap maktab melayani 2.750 jamaah. Setelah wukuf, usai Maghrib, jamaah akan bergeser ke Muzdalifah untuk mabit atau bermalam.

Advertisement

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : Haji
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif