Minggu, 14 November 2010 22:07 WIB Sport Share :

Webber & Alonso Jeblok, Vettel Juara

Abu Dhabi — Bukan Fernando Alonso atau Mark Webber yang jadi juara dunia 2010, melainkan Sebastian Vettel yang sebelum GP Abu Dhabi berada di posisi tiga klasemen.

Seri terakhir di Abu Dhabi, Minggu (14/11) malam WIB, menjadi balapan penutup nan dramatis dalam penentuan gelar juara dunia 2010.

Kans juara Alonso, yang sebelum seri terakhir itu memuncaki klasemen, pupus setelah di lintasan ia lebih banyak tertahan di belakang Vitaly Petrov sehingga tak kuasa finis di posisi yang jadi syaratnya untuk juara. Pembalap Ferrari itu finis di posisi tujuh.

Sementara Webber, rekan setim Vettel di Red Bull, yang sempat berada di pucuk klasemen dan memasuki seri ini dengan berada di posisi dua juga membuang peluang setelah finis di belakang Alonso.

Dengan skenario tersebut, Vettel pun dinobatkan menjadi juara dunia musim 2010 dengan poin akhir 256. Alonso menjadi runner-up musim ini dengan poin 252 sementara Webber mengoleksi 242 angka.

Maka kian lengkaplah kebahagiaan Vettel di atas podium GP Abu Dhabi, di mana ia ditemani duo McLaren, Lewis Hamilton dan Jenson Button –juara musim lalu.

Jalannya alannya Balapan

Sebastian Vettel melakukan start dengan baik untuk menjaga posisi pertama. Lewis Hamilton juga berhasil menjaga posisi keduanya.

Jenson Button langsung menyodok ke posisi tiga selepas start sementara Fernando Alonso terdorong ke posisi empat. Mark Webber ada di tempat kelima, posisi di mana ia start.

Tak lama usai start, insiden langsung terjadi setelah Vitantonio Liuzzi bertabrakan dengan mobil Michael Schumacher. Safety car (sc) pun keluar.

Mobil Schumi terlihat melintir usai membelok. Sejumlah mobil berhasil menghindari mobilnya, tapi tidak dengan Liuzzi.

Menjelang lap enam, sc akhirnya baru keluar lintasan dan balapan dilanjutkan lagi!

Vettel terus memimpin balapan sampai dengan lap delapan dengan mencatatkan fastest lap. Posisi lima terdepan juga belum ada perubahan.

Webber terlihat menyenggol pembatas lintasan pada sebuah tikungan di lap sembilan. Untungnya singgungan itu tak berakibat fatal.

Memasuki lap 15, Webber kini sudah terlempar ke posisi 16 setelah ban belakangnya dilaporkan bermasalah, memaksanya harus masuk pit.

Alonso masuk pit pada lap 16 dan keluar tepat di depan Webber. Pertarungan pun memanas antara dua pembalap teratas di klasemen itu.

Vettel, Hamilton dan Button ada di posisi satu sampai tiga dengan balapan memasuki lap 17. Kamui Kobayashi dan Robert Kubica ada di tempat empat dan lima.

Memasuki lap 20, malam mulai merayap dan penerangan di lintasan kini mulai didominasi oleh cahaya dari lampu-lampu di sirkuit.

Alonso masih kesulitan melewati Vitaly Petrov. Via radio, timnya sudah wanti-wanti agar Alonso segera bisa melewati driver asal Rusia itu demi menjaga kans juara.

Sementara itu Hamilton masuk pit pada lap 24 dan keluar di posisi lima. Vettel masih memimpin balapan di posisi terdepan dengan timnya menyemangati via radio.

Vettel akhirnya masuk pit pada lap 25. Ia keluar pada posisi dua, tepat di depan Kobayashi. Button belum masuk pit dan untuk sementara memimpin balapan.

Hamilton melewati Kobayashi di lap 27 untuk menempati posisi empat. Button masih ada di depan, dengan Vettel berada di belakangnya. Kubica yang belum masuk pit ada di posisi tiga.

Alonso masih saja terhambat di belakang Petrov. Dalam salah satu usahanya melewati Petrov, mobil Alonso bahkan sampai melebar usai menikung.

Hamilton juga terus menempel Kubica dan berusaha kertas melewatinya. Tapi Kubica dengan apik masih mampu menjaga posisi ketiganya.

Apakah ada masalah dengan ban Hamilton? Di radio tim ia terdengar risau dan hendak masuk pit lagi, kendati timnya menegaskan ia tak disarankan melakukannya terkecuali sangat perlu.

Memasuki lap 35 dari total 55 lap dalam balapan, Button masih memimpin balapan dengan Vettel menguntit. Kubica yang belum masuk pit masih menghadang Hamilton yang berada di tempat empat. Alonso yang berada di posisi 11 juga belum bisa melewati Petrov sedangkan Webber terpaku di posisi 12.

Dengan posisi yang ada saat ini, Vettel diuntungkan dan bakal keluar jadi kampiun musim 2010.

Nico Hulkenberg masuk pit dan membuat Alonso kini berada di posisi sepuluh, meski masih di belakang Petrov. Setidaknya posisi Alonso kini beranjak naik dalam memelihara asa menjadi juara dunia. Memasuki lap 39, Alonso bahkan sudah berada di posisi delapan.

Button masuk pit pada lap 40 dan balik ke lintasan di posisi empat di belakang Hamilton dan Kubica. Vettel kini berada di posisi terdepan.

Memasuki lap 45, Alonso masih saja tertahan di belakang Petrov (posisi 7) dan juga Rosberg (posisi 6). Sementara itu Webber yang kini berada di belakang Alonso sepertinya sudah tercoret dari persaingan juara dunia. Vettel yang memimpin balapan terus melaju menuju tahta juara dunia.

Kubica masuk pit pada lap 47 dan kembali ke lintasan di tempat keenam, tepat di depan Petrov. Posisi saat ini Vettel, Hamilton dan Button di tiga terdepan. Alonso sementara masih di posisi delapan.

Balapan memanas usai Alonso naik ke posisi tujuh dengan empat lap tersisa. Artinya hasil kejuaraan pun masih saja bisa berubah sampai dengan detik-detik terakhir.

Pada akhirnya Vettel berhasil mengamankan posisi terdepan sekaligus menjadi juara dunia baru!

dtc/tya

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…