Sabtu, 13 November 2010 07:05 WIB News Share :

Pujasumarta menjabat Uskup Agung Semarang

Semarang–Paus Benediktus XVI di Tahta Suci Vatikan menunjuk Mgr Johannes Pujasumarta untuk menjabat sebagai Uskup Agung Semarang.

Administrator Keuskupan Agung Semarang, Romo Pius Riana Prapdi, di Semarang, Jumat (12/11), mengatakan pengangkatan Pujasumarta tersebut telah diumumkan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girreli.

Ia mengemukakan Pujasumarta sebelumnya menjabat sebagai Uskup Agung Bandung.

“Pujasumarta selanjutnya akan mengisi jabatan Uskup Agung Semarang yang telah beberapa waktu kosong karena pejabatnya Mgr Ignatius Suharyo ditunjuk Vatikan sebagai Uskup Agung Jakarta,” ujarnya.

Menurut dia, surat keputusan tentang pengangkatan Pujasumarta kemungkinan baru akan ditetapkan sekitar satu bulan yang akan datang.

Jabatan Uskup Agung Bandung, lanjut dia, untuk sementara akan diampu oleh Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo.

Hingga saat ini, tambah dia, dirinya belum dapat mengungkapkan berbagai hal lain yang berkaitan dengan proses pengangkatan Pujasumarta sebagai Uskup Agung Semarang.

Pujasumarta lahir di Solo, Jateng, pada 27 Desember 1949. Ia mengawali pendidikan imamatnya di Seminari Menengah Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, pada 1963.

Romo yang menyandang gelar doktor spiritualitas dari Universitas St. Thomas Aquinas Roma pada 1987 itu, menjabat sebagai Uskup Agung Bandung sejak 2008. Sebelum sebagai Uskup Agung Bandung, Pujasumarta menjabat sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang.

ant/nad

lowongan pekrajaan
Yayasan Internusa Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…