Sabtu, 13 November 2010 02:35 WIB Solo Share :

Pokdarwis pandang penting festival kampung

Solo (Espos)–Jajaran pengurus baru Pokdarwis Kota Solo memandang pentingnya menghidupkan festival-festival dan home industri kampung.

Hal itu penting untuk menunjang pengembangan pariwisata kota. Namun kunci sukses geliat kampung berada di tangan masyarakat.

Pendapat tersebut disampaikan Ketua Pokdarwis Solo, YF Sukasno kepada Espos Jumat (12/11).

“Prinsipnya warga kampung harus menggeliat bergerak. Pokdarwis kota sebagai motivator saja. Bila ada anggaran biar lebih banyak di Pokdarwis kelurahan yang diharapkan mendorong potensi kampung,” ujarnya.

Menurut Sukasno festival dan industri rumah tangga tingkat kampung harus memiliki ciri khas atau daya tarik yang beda. Masyarakat jangan hanya mengandalkan Pokdarwis kota atau kelurahan dalam pelestarian budaya dan pengembangan wisata.

Eksistensi budaya bakal menjadi tiang penyangga kepribadian masyarakat dalam menghadapi terpaan modernisasi seiring berkembangnya sektor wisata. Selain tentu pariwisata mempunyai kelebihan dalam penciptaan lapangan kerja.

kur

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…