News
Sabtu, 13 November 2010 - 19:37 WIB

Merapi terpantau relatif landai meski sempat bikin Yogya hujan abu

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogja–Sore ini di kawasan Sleman dan Yogyakarta sempat terjadi hujan abu. Namun masyarakat tidak perlu khawatir karena intensitas Gunung Merapi tetap terpantau relatif stabil.

Berdasarkan data seismograf Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) dari pukul 12.00-18.00 WIB, Sabtu (13/11), sama sekali tidak terjadi awan panas dari puncak merapi.

Advertisement

Sedangkan guguran tercatat sebanyak 22 kali dan gempa vulkanik 22 kali. Gempa tektonik terjadi tiga kali dan tremor beruntun terus terjadi.

“Tergolong aman. Kalau tadi sempat ada hujan abu di kawasan Yogya, itu karena anginnya tengah mengarah ke selatan dan barat,” ujar kepala BPPTK Jogja Subandrio di Media Center, Jl Kenari, Yogyakarta, Sabtu petang.

Di wilayah yogya sendiri pada sore tadi sempat terjadi hujan abu tipis. Semakin ke utara, memasuki, wilayah Sleman maka abu akan semakin tebal.

Advertisement

Sebelumnya hujan abu selama beberapa hari terakhir selalu mengarah ke barat. Hal ini membuat kawasan Tempel, Sleman dan Muntilan, Magelang menjadi wilayah yang reguler terkena hujan abu selama sepekan terakhir.

“Hujan abu itu sepenuhnya bergantung dengan arah angin,” terang Subandrio.

dtc/tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Meletus Merapi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif