Sabtu, 13 November 2010 12:53 WIB News Share :

Malam amal Merapi himpun Rp 4,1 miliar

Semarang--Acara “Malam Amal Peduli Merapi” yang digelar Pemerintah Provinsi Jateng, Jumat (12/11) malam, berhasil menghimpun donasi lebih dari Rp 4,1 miliar.

Dalam acara yang dihadiri oleh para bupati/wali kota, pimpinan satuan kerja, kalangan legislatif, serta pengusaha di Jateng tersebut juga menghimpun bantuan berupa barang, seperti pakan ternak serta gula pasir.

Sejumlah kepala daerah yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut rela menyumbangkan dana bagi para korban bencana letusan Gunung Merapi.

Adapun kepala daerah yang tercatat menjadi donatur dalam kegiatan tersebut, seperti Wali Kota Semarang Soemarmo yang menyumbang Rp 200 juta, Bupati Kendal Widya Kandi Susanti sebesar Rp 100 juta, serta Bupati Karanganyar Rina Iriani sebesar Rp 100 juta.

Donasi bagi korban letusan gunung yang berada di perbatasan wilayah Jateng Tengah dan DIY ini juga mengalir dari PT Industri Gula Nusantara yang menyumbang 50 ton gula pasir.

Para tamu undangan dalam acara amal ini dihibur dengan penampilan monolog oleh Sujiwo Tedjo serta aksi Vina Panduwinata.

Gubernur Jateng Bibit Waluyo memberi apreasiasi tinggi terhadap kepedulian para birokrat dan pengusaha di provinsi atas sumbangan yang diberikan bagi para korban bencana Merapi ini.

Bencana ini, menurut dia, telah menyebabkan lebih dari 260 ribu jiwa penduduk di lereng Merapi meninggalkan tempat tinggalnya untuk mengungsi.

“Ini kondisi riil yang dihadapi masyarakat di tiga daerah di lereng Merapi,” ujarnya.

Ia menuturkan, upaya penanganan para penduduk di lereng Merapi ini tidak sebatas saat mereka mengungsi.

Bibit menjelaskan, bantuan kepada para penduduk ini tetap masih dibutuhkan, terutama pada saat rehabilitasi.

“Untuk penduduk yang tinggal di sekitar lima kilometer dari puncak Merapi, telah kehilangan tempat tinggalnya,” imbuhnya.

Dikemukakan dia, kondisi tersebut perlu segera dipikirkan penyelesaiannya, mengingat jumlahnya mencapai 18 ribu jiwa.

ant/nad

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…