News
Sabtu, 13 November 2010 - 15:56 WIB

Mahfud: Gayus banyak miliki rahasia mafia pajak

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan, terdakwa kasus mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan memiliki banyak rahasia soal praktik mafia pajak dan mafia hukum.

“Dalam membongkar praktik mafia hukum di internal lembaga Polri, Gayus harus diselamatkan, agar praktik tersebut bisa dibongkar hingga ke akar-akarnya,” katanya usai diskusi “Jaksa Agung Dalam Kandungan” di Jakarta, Sabtu.

Advertisement

Menurut Mahfud, keberadaan Gayus Tambunan yang banyak menyimpan rahasia pelaku mafia pajak dan mafia hukum harus terus dalam pengawasan. Jangan sampai, lanjut dia, Gayus Tambunan meninggal dunia, kemudian kasus mafia pajak dan mafia hukum itu tertutup lagi.

Menurut Mahfud, dalam kasus bebasnya Gayus Tambunan dari rumah tahanan di Mako Brimob, di Depok, Jawa Barat, terdakwa pada kasus mafia pajak itu harus dihukum berat.

Advertisement

Menurut Mahfud, dalam kasus bebasnya Gayus Tambunan dari rumah tahanan di Mako Brimob, di Depok, Jawa Barat, terdakwa pada kasus mafia pajak itu harus dihukum berat.

Namun penyelesaiannya kasusnya, tambah dia, tidak hanya sampai di situ. Di sisi lain, Gayus juga harus ditempatkan sebagai “wistle blower” untuk membuka okum-oknum yang bermain dalam praktik mafia hukum hingga tahanan bisa keluar-masuk rumah tahanan.

“Sebagai pemegang rahasia, keberadaan Gayus harus terus dalam pengawasan,” katanya.

Advertisement

“Kasusnya bebasnya tahanan dari rumah tahanan seperti kasus Gayus Tambunan saat ini sudah menjadi fenomena umum di Indonesia,” kata Mahfud MD.

Menurut dia, Polri harus benar-benar bisa membuktikan  bebasnya Gayus Tambunan hingga berada di Bali sekaligus mencari tahu siapa saja yang oknum terlibat membebaskan Gayus keluar masuk tahanan.

Untuk membongkar kasus bebasnya tahanan ini, kata dia, harus dibongkar secara keselurahan “permainan” yang terjadi jangan hanya mengorbankan Gayus.

Advertisement

Menurut Mahfud, jaringan tersebut bukan hanya sebatas Gayus dengan penjaga rumah tahanan di Mako Brimob saja, tapi dia menduga lebih luas dari itu.

Jaringan mafia hukum di lembaga Polri, katanya, harus dibongkar agar lembaga Polri bisa menegakkan supremasi hukum secara benar.

“Pak Timur Pradopo itu, baru masuk jajaran elit di Polri sehingga relatif belum tercemar. Saya minta agar Pak Timur bisa membongkar jaringan ini, agar kejadian seperti ini tidak terus berulang,” kata Mahfud.

Advertisement

Gayus Halomoan Tambunan terdakwa kasus mafia pajak yang ditahan di rumah tahanan di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, diketahui bebas dan menyaksikan pertandingan tenis di Nusa Dua, Bali, pada Jumat (5/11).

Ant/tya

Advertisement
Kata Kunci : Gayus Mahfud MD
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif