Sabtu, 13 November 2010 19:01 WIB Klaten Share :

Lintasi jalur tikus, ribuan pengungsi pulang ke rumah

Klaten–Pepatah berbunyi Banyak jalan menuju Roma. Pepatah ini memiliki makna cukup banyak cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkan keinginan.

Tampaknya pepatah itu tepat untuk menggambarkan usaha para pengungsi korban erupsi Gunung Merapi di Klaten untuk kembali ke rumah masing-masing. Kendati sejumlah aparat polisi dan relawan masih di siagakan di jalur menuju tempat tinggal warga atau di perbatasan kawasan rawan bencana (KRB), warga tidak kehilangan akal. Mereka nekat meninggalkan lokasi pengungsian untuk kembali ke rumah dengan melintasi jalur-jalur tikus yang luput dari pengawasan aparat maupun relawan.

Dari hasil pantauan Espos di beberapa titik posko pengungsian seperti Setda Pemkab Klaten dan Gedung Olahraga (GOR) Gelarsena menunjukkan penurunan kepadatan pengungsi. Bahkan di beberapa titik pengungsian seperti Balaidesa Gedaren, Socokangsi, SDN Gedaren, MTsN Jatinom, dan lain-lain sudah tidak tidak berpengungsi.

Dari data yang diterima dari Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana (PB) Gunung Merapi, jumlah pengungsi yang tersebar di Klaten hingga Sabtu (13/11) pukul 15.00 WIB mencapai 93.388 jiwa. Angka itu mengalami penurunan drastis mengingat pada Jumat (12/11) pada pukul 15.04 WIB jumlah pengungsi mencapai 104.609 jiwa.

mkd

lowongan pekerjaan
dr. NORMA AESTHETIC CLINIC, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…