Soloraya
Sabtu, 13 November 2010 - 19:01 WIB

Lintasi jalur tikus, ribuan pengungsi pulang ke rumah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten–Pepatah berbunyi Banyak jalan menuju Roma. Pepatah ini memiliki makna cukup banyak cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkan keinginan.

Tampaknya pepatah itu tepat untuk menggambarkan usaha para pengungsi korban erupsi Gunung Merapi di Klaten untuk kembali ke rumah masing-masing. Kendati sejumlah aparat polisi dan relawan masih di siagakan di jalur menuju tempat tinggal warga atau di perbatasan kawasan rawan bencana (KRB), warga tidak kehilangan akal. Mereka nekat meninggalkan lokasi pengungsian untuk kembali ke rumah dengan melintasi jalur-jalur tikus yang luput dari pengawasan aparat maupun relawan.

Advertisement

Dari hasil pantauan Espos di beberapa titik posko pengungsian seperti Setda Pemkab Klaten dan Gedung Olahraga (GOR) Gelarsena menunjukkan penurunan kepadatan pengungsi. Bahkan di beberapa titik pengungsian seperti Balaidesa Gedaren, Socokangsi, SDN Gedaren, MTsN Jatinom, dan lain-lain sudah tidak tidak berpengungsi.

Dari data yang diterima dari Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana (PB) Gunung Merapi, jumlah pengungsi yang tersebar di Klaten hingga Sabtu (13/11) pukul 15.00 WIB mencapai 93.388 jiwa. Angka itu mengalami penurunan drastis mengingat pada Jumat (12/11) pada pukul 15.04 WIB jumlah pengungsi mencapai 104.609 jiwa.

mkd

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Merapi Pengungsi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif