News
Jumat, 12 November 2010 - 07:31 WIB

Sebelum aman, pengungsi diminta jangan dekati Merapi

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Aktivitas Gunung Merapi hingga saat ini masih belum juga stabil. Namun dibandingkan beberapa waktu lalu, perilaku Merapi jauh lebih kalem.

Meski begitu, Merapi masih tetap berstatus awas. Dengan kata lain, gunung ini masih mungkin kembali menunjukkan keganasannya.

Advertisement

Pemerintah berharap, pengungsi jangan kembali dulu ke wilayah asal mereka sebelum gunung ini benar-benar dinyatakan sudah stabil. Pemerintah tidak ingin lagi ada jatuh korban akibat semburan awan panas Merapi.

“Kami imbau agar tetap berada di tempat pengungsian,” ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian Yogyakarta, Subandriyo saat hubungi, Jumat (12/11).

Subandriyo melanjutkan, selama status Merapi belum diturunkan, seluruh rekomendasi yang sudah dikeluarkan pemerintah masih berlaku. Warga harus mematuhi untuk tidak masuk ke jarak berbahaya. “Masih 20 Km radius aman, belum ada yang berubah,” lanjut Subandriyo.

Advertisement

Berdasarkan data seismograf dari BPPTK Yogyakarta, dari petang kemarin tadi hingga pukul 23.10 WIB, Kamis (11/11) tercatat terjadi gempa vulkanik sebanyak lima kali. Selain itu tremor beruntun juga masih terjadi. Sedangkan awan panas sempat muncul satu kali pada pukul 18.52 WIB dengan ketinggian 200 meter dan mengarah ke kali Gendol.

dtc/tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Merapi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif