Jumat, 12 November 2010 14:21 WIB News Share :

Gayus pergi setiap habis sidang

Jakarta--Selain weekend, Gayus Tambunan juga sering keluar tahanan setiap kali sehabis mengikuti sidang di pengadilan. Gayus yang dijemput sopir pribadinya itu keluar sel dengan santai dan tanpa penyamaran.

“Habis sidang, pulang ke tahanan dulu, baru nanti dijemput oleh sopirnya,” kata pengacara mantan Karutan Mako Brimob Kompol Iwan Siswanto, Berlin Pandiangan seperti dilansir detikcom, Jumat (12/1).

Sidang Gayus digelar Senin dan Rabu. Saat keluar dari sel, Gayus tidak pernah menyamar sedikit pun. Penampilan Gayus seperti biasanya kalau mengikuti sidang-sidang.

“Paling cuma tengak-tengok kiri kanan, kalau sepi ya langsung masuk mobil. Semua yang keluar dari sel begitu, termasuk Pak Susno (Duadji) dan Pak Wiliardi (Wizar),” ucap Berlin.

Karena itu, menurut Berlin, Gayus tidak memiliki ‘perangkat’ penyamaran seperti wig di selnya. Berlin menduga, jika Gayus di luar menyamar, ‘perangkatnya’ disimpan di luar sel.

“Di sel menurut Pak Iwan tidak ada barang-barang untuk menyamar, mungkin itu disimpan di rumahnya,” imbuh Berlin.

Berlin mengatakan, Gayus memang sudah terbiasa keluar masuk sel. Setiap kali izin, Gayus memang selalu diperbolehkan menghirup udara bebas sejenak.

Untuk keistimewaan ini, Gayus menggelontorkan Rp 368 juta kepada Kompol Iwan. Uang itu diberikan secara bertahap. Iwan membutuhkan uang itu dengan dalih untuk berobat istrinya yang sedang sakit kronis.

Iwan juga menerima “setoran” dari Komjen Susno Duadji dan Kombes Wiliardi Wizar, yang juga ditahan di Mako Brimob, masing-masing Rp 10 juta. Berlin beralasan, uang itu bukan suap melainkan tanda iba Susno dan Wiliardi pada Iwan yang istrinya sedang sakit.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…