Kamis, 11 November 2010 11:56 WIB Hukum Share :

Video kekerasan, Letda Cosmos divonis tujuh bulan penjara

Jayapura–Letda Cosmos, anggota Kesatuan 753 AVT/NABIRE Kodam XVII Cendrawasih, divonis tujuh bulan penjara. Perwira pertama TNI AD itu dinyatakan terbukti melawan perintah atasannya terkait video kekerasan anggota TNI terhadap sejumlah warga Papua di Youtube.

Vonis tersebut diterima Letda Cosmos dalam persidangan yang digelar Pengadilan Militer III-19 Jayapura, Kamis (11/11). Majelis hakim menilai Letda Cosmos memenuhi unsur melanggar pasal 103 KUHPM junto 56 KUHP, yaitu itu perbuatan melawan perintah atasan.

Ketua majelis hakim, Kolonel Laut Adnan menyatakan, perbuatan terdakwa bertentangan dengan sumpah prajurit dan delapan wajib TNI. Perbuatan terdakwa juga dinilai merusak sendi-sendi kehidupan dan mencoreng nama baik dan citra TNI di mata masyarakat dan dunia.

“Maka itu majelis hakim berpendapat hukuman yang dijatuhkan perlu diperberat dari tuntutan oditur militer,” ujar Adnan saat membacakan putusan.

Mengenai hal-hal yang meringankan, Adnan menyebut terdakwa masih muda dan belum pernah dihukum. Terdakwa juga  menyesali perbuatannya dan berjanji tidak mengulanginya lagi.

Vonis ini lebih berat tiga bulan dibandingkan tuntutan oditur militer. Dalam persidangan sebelumnya, oditur militer hanya menuntut Letda Cosmos dengan  hukuman empat bulan penjara. Menanggapi vonis tersebut, terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Kasus ini berawal dari beredarnya rekaman video tentang tindak kekerasan keempat oknum TNI itu terhadap sejumlah warga Papua di Youtube. Dalam video itu, keempatnya terlihat menganiaya beberapa warga Papua yang diduga terlibat gerakan separatis. Para anggota TNI itu sesekali memukul dan menendang sejumlah warga yang ditangkap itu.

Dalam persidangan sebelumnya, Letda Kosmos mengaku tak tahu sebab akibat sampai video hasil rekaman tersebut muncul di Youtube.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

KUALIFIKASI PIALA ASIA U-19
Menuju Korea, Timnas Bakal Adaptasi Cuaca

Kualifikasi Piala Asia U-19 bakal diikuti Timnas Indonesia. Solopos.com, CIKARANG – Timnas Indonesia U-19 akan melakoni ajang kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan (Korsel). Mereka pun melakukan berbagai persiapan demi meraih hasil positif di fase tersebut. Babak kualifikasi…