Kamis, 11 November 2010 10:13 WIB News Share :

Persingkat lawatan, SBY hadiri KTT G20 hanya sehari

Jakarta– Kondisi Merapi yang sudah membaik membuat Presiden SBY mengambil keputusan untuk pergi ke Seoul, Korea Selatan. Presiden akan pergi ke Seoul menghadiri pertemuan G-20 siang ini. Namun, SBY akan mempersingkat lawatannya.

“Atas pertimbangan urgensi pertemuan puncak G-20 termasuk kepentingan kita, maka saya telah mengambil keputusan akan hadir 1 hari,” kata SBY dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (11/11).

SBY akan pergi ke Seoul setelah memberikan tanda jasa gelar pahlawan kepada mereka yang sudah ditetapkan. Sesuai jadwal, SBY akan tiba di Seoul pada malam hari.

“Saya tidak bisa mengikuti retreat pertama pada malam hari, tetapi besok (Jumat) acara puncaknya akan bisa hadir penuh, membahas bersama delegasi ekonomi,” tambahnya.

Sebelum mengambil keputusan pergi, SBY telah berkonsultasi dengan sejumlah pejabat baik BNPB dan Kepala Vulkanologi dan Mitigasi Bencana mengenai kondisi Merapi. Juga telah meminta laporan mengenai kondisi Wasior dan Mentawai.

“Berkaitan dengan perkembangan situasi bencana letusan gunung api, semula kalau situasinya memburuk saya berencana untuk tidak hadir dalam pertemuan puncak itu, meski kita memiliki kepentingan ekonomi baik kerjasama lebih luas bagi G-20 dan APEC,” tutupnya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…