Kamis, 11 November 2010 17:05 WIB Internasional Share :

Obama diberi nama Oh Han Ma di Korsel

Seoul--Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mendapat hadiah khusus dalam kunjungannya ke Seoul, Korea Selatan (Korsel). Hadiahnya? Sebuah nama Korea.

Organisasi Korea-US Alliance Friendship Society akan memberikan sebuah nama Korea pada Presiden Negara Adikuasa itu dalam lawatannya ke Korsel. Nama yang akan diberikan ‘Oh Han Ma’.

“Merupakan harapan tulus kami bahwa pemberian nama Korea pada Presiden AS Barack Obama akan semakin memperkuat aliansi dengan Korsel, yang ditempa oleh darah selama Perang Korea,” ujar Suh Jin Sup, Pimpinan Organisasi pro-AS yang berbasis di Seoul tersebut seperti dilansir harian lokal, Korea Herald dan dilansir Straits Times, Kamis (11/11).

Nama ‘Oh Han Ma’ punya arti tersendiri. Dikatakan Suh, ‘Oh’ merupakan nama keluarga, yang berarti negara dalam karakter China, yang berasal dari pengucapan huruf ‘O’ dalam bahasa Korea.

Nama ‘Han Ma’ merupakan kombinasi dua karakter China dengan ‘Han’ berarti Korea dan ‘Ma’ berarti kuda. Menurut Suh, kuda merupakan simbol AS.

Suh menjelaskan, jika digabungkan maka nama Korea untuk Obama tersebut berarti harapan agar para pemimpin Korsel dan AS akan melakukan upaya-upaya besar dengan “berlari dengan kecepatan tinggi seperti kuda” untuk mencoba menyelamatkan perekonomian dunia dari krisis terburuk dalam beberapa dekade.

Dikatakan Suh, organisasinya hari ini akan mengirimkan piagam berisikan deskripsi nama tersebut ke markas besar militer AS di Seoul.

dtc/nad

Lowongan Pekerjaan
QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…