Kamis, 11 November 2010 06:20 WIB Internasional Share :

Di Seoul, Obama akan pidato di hadapan tentara AS

Seoul–Setelah bertandang ke Indonesia, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyambangi Seoul, Korea Selatan. Di negeri ginseng ini Obama akan mengikuti pertemuan G-20 bersama dengan kepala negara lainnya guna membahas ekonomi global dan pasar keuangan dunia.

Di Seoul, Obama akan melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak dan Presiden China Hu Jintao. Kemudian Obama juga dijadwalkan akan menyampaikan pidato di hadapan tentara AS yang ada di Korea Selatan, pada hari libur Hari Veteran di AS, yang jatuh Kamis (11/11). Demikian seperti dilansir CNN, Rabu (10/11).

Ketegangan yang muncul terhadap mata uang dan perdagangan nampaknya akan semakin meningkat saat pertemuan G-20 digelar di ibukota Kore Selatan, tepatnya pada Kamis dan Jumat (12/11).

Para pejabat di China dan AS saling menyalahkan satu sama lain terkait manipulasi mata uang dengan mengorbankan perekonomian negara lainnya. Forum G-20 sendiri telah mengakui bahwa pemulihan ekonomi global terjadi dalam cara yang ‘rapuh dan tidak seimbang’.

Aksi protes besar-besar diperkirakan akan berlangsung di Seoul. Sejumlah serikat pekerja Korea Selatan dan ormas-ormas lainnya juga bersiap untuk melakukan aksi protes besar-besaran terhadap pertemuan G-20 ini.

Bahkan menurut kantor berita Yonhap, selama dua hari ke depan akan terjadi pengerahan pasukan keamanan terbesar yang pernah terjadi di kota ini. Dikabarkan, sebanyak 50 ribu personel kepolisian dan polisi anti huru-hara akan diterjunkan untuk mengamankan pertemuan yang dikuti para kepala negara ini.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…