Kamis, 11 November 2010 07:35 WIB News Share :

Asap vulkanik Merapi mengarah ke barat

Yogyakarta–Gumpalan asap vulkanik Merapi sempat keluar dengan volume besar pagi ini. Seperti yang terjadi pada hari kemarin, asap tersebut cenderung bergerak ke arah barat.

“Pukul 05.20 WIB sempat ada asap vulkanik tebal ke arah barat daya. Jarak luncuran 3 km,” papar salah seorang petugas piket BPPTK yang menolak disebutkan namanya, ketika dihubungi, Kamis (11/11).

Berdasarkan pantauan dari Kota Yogyakarta sampai pukul 07.00 WIB, tampak asap putih yang menggumpal dengan bentuk melengkung ke arah barat. Dengan ketinggian kurang lebih sekitar 1 km.

Cuaca di sekitar puncak Merapi sendiri terpantau cukup cerah. Badan gunung dari puncak ke lereng dapat dilihat dari kota Yogyakarta.

Pemandangan ini membuat perhatian masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya tersita, karena begitu mereka menoleh ke arah utara (di ruang terbuka) maka Merapi akan tampak jelas meski dari kejauhan.

Seperti yang tampak di sekitaran Jl Solo di mana banyak masyarakat yang tengah berangkat bekerja sesekali menoleh ke arah utara untuk melihat Merapi. “Ke barat lagi anginnya,” tandas Yulianto salah seorang warga yang turut melihat.

Cuaca yang cerah juga memudahkan petugas di pos pengamatan dalam memantau puncak Merapi. Hampir di semua pos yang ada dapat melihat dengan jelas.

“Untuk view dari kaki ke puncak 100 persen terpantau,” tandas salah seorang petugas pemantauan di pos Manisrenggo, Klaten, via handytalky di frekuensi 149.070.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…