News
Rabu, 10 November 2010 - 07:15 WIB

SBY imbau jamaah berdoa untuk bangsa

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Makkah–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengimbau jamaah calon haji di tanah suci berdoa untuk bangsa Indonesia yang tengah banyak ditimpa bencana.

Imbauan SBY disampaikan Menteri Agama Suryadharma Ali saat mengunjungi jamaah asal Pandeglang di pemondokannya, rumah nomor 1117 Jarowal Makkah, Selasa (9/11) sekitar pukul 22.00 waktu Arab Saudi.

Advertisement

Dalam kunjungan itu, Menag didampingi Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Slamet Riyanto, anggota DPR komisi III Dimyati Natakusumah dan anggota DPR komisi VII Irna Nuralita.

Menag menceritakan, Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono menitipkan salam kepada jamaah bila menag meninjau pemondokan jamaah.

“Beliau juga pesan agar jamaah salat ghaib, baca doa qunut nazilah karena di tanah air lagi banyak musibah,” kata Menag.

Advertisement

Sejumlah bencana melanda Indonesia  mulai dari banjir Wasior, gempa bumi diikuti tsunami di Mentawai dan meletusnya Gunung Merapi.

Salat ghaib perlu dilakukan karena kemungkinan ada korban tewas belum disalatkan saat dikubur karena kondisi yang darurat. Kepada korban tewas, jamaah diimbau mendoakan agar amal baiknya diterima Allah, kesalahnnya diampuni dan dimasukkan ke dalam surga.

“Bagi yang selamat ya Allah berikan kekuatan lahir batin pada mereka,” doa Menag.

Advertisement

Salat dan doa selain dilakukan di pemondokan masing-masing jamaah juga akan dilakukan serentak saat di padang Arafah.

Salat ghaib dan doa akan dilakukan setelah wukuf, doa wukuf selesai dan salat zuhur.

“Setelah salat zuhur dilanjutkan dengan salat ghaib, doa, dianjurkan juga baca Qunut Nazilah minta pertolongan pada Allah karena adanya bencana,” kata Menag.

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : Haji
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif