Rabu, 10 November 2010 20:59 WIB News Share :

PMI siapkan 100.000 cangkul untuk Merapi

Jakarta–Palang Merah Indonesia (PMI) mempersiapkan sebanyak 100.000 cangkul untuk dibagikan kepada masyarakat apabila kondisi Gunung Merapi sudah normal kembali.

“Cangkul tersebut akan dibagikan kepada masyarakat untuk membersihkan sisa-sisa material pasir yang dimuntahkan saat erupsi Gunung Merapi,” kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla seperti dilansir antara, Rabu (10/11).

Meski hingga saat ini Gunung Merapi masih menunjukkan aktivitasnya namun Kalla mengaku PMI mempersiapkan 100 ribu cangkul untuk persiapan.

“Jika suatu saat Merapi sudah dinyatakan normal kembali maka cangkul-cangkul tersebut akan segera kita bagikan kepada masyarakat yang membutuhkannya untuk membersihkan rumah-rumah mereka dan lingkungan sekitarnya,” paparnya.

Sementara ini, PMI masih terus aktif dalam kegiatan tanggap darurat di Merapi termasuk evakuasi korban dan penyaluran bantuan bagi para pengungsi.

“Tim PMI masih terus bekerja di Merapi dalam kegiatan tanggap darurat termasuk evakuasi korban dan penyaluran bantuan bagi korban bencana,” lanjutnya.

Mantan Wakil Presiden RI itu juga memberi masukan kepada pemerintah untuk mempersiapkan program jangka panjang bagi warga di sekitar Gunung Merapi yang kini kehilangan rumahnya karena hancur terkena dampak erupsi.

Jangka panjang yang dia maksud salah satunya adalah pembangunan pemukiman permanen baru bagi masyarakat yang kehilangan rumahnya.

Dia berharap pemerintah segera menyusun program pembangunan rumah permanen baru setelah Gunung Merapi dinyatakan kembali normal dan masyarakat pengungsi bisa meninggalkan penampungan sementara.

ant/nad

lowongan pekrajaan
Yayasan Internusa Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…