Rabu, 10 November 2010 21:54 WIB News Share :

Kunjungan Obama, aman bukti situasi Indonesia kondusif

Jakarta–Pengamat intelijen Wawan H Purwanto mengatakan amannya kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia merupakan bukti bahwa situasi Indonesia kondusif, berbeda dengan yang dipersepsikan pihak luar selama ini.

“Kehadiran Obama ternyata aman-aman saja, tak ada insiden. Ini menunjukkan Indonesia tidak seperti yang digambarkan, terutama oleh pers, di luar negeri,” ucap Wawan di Jakarta, Rabu (10/11) malam.

Bahkan, lanjut Wawan, hingga Obama meninggalkan Indonesia, kondisi juga tetap aman, tidak ada aksi terorisme seperti yang dikhawatirkan.

“Kalau ada demonstrasi itu wajar-wajar saja sebagai negara demokratis, apalagi demonya juga tidak anarkis,” imbuhnya.

Dikemukakan dia, kehadiran pemimpin negara besar ke Indonesia merupakan pertaruhan yang tidak kecil bagi kredibilitas negara ini.

“Kalau sampai terjadi apa-apa, lebih-lebih kecelakaan pada Obama, tentu kredibilitas Indonesia akan merosot tajam,” ujarnya.

Dengan amannya kunjungan Obama, yang notabene sempat ditunda berkali-kali karena alasan keamanan, jelas Wawan, maka Indonesia kini dipandang sebagai negara yang tidak perlu dikhawatirkan.

Prestasi ini, kata Wawan, tentu harus dipertahankan dan terus di tingkatkan sebagai modal Indonesia dalam pergaulan internasional.

Pada bagian lain, Wawan menilai kehadiran Obama ke Indonesia menunjukkan bahwa sejatinya Indonesia tetap dipandang dan diperhitungkan, bahkan oleh Amerika Serikat sekalipun.

Oleh karena itu, Indonesia harus mampu memanfaatkan hubungan kedua negara bagi kemajuan di dalam negeri, baik di bidang ekonomi, sosial, teknologi, dan pertahanan keamanan.

ant/nad

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

LIGA CHAMPIONS
Manchester City Vs Napoli: Duel Pemuncak Klasemen

Liga Champions akan menyajikan duel Manchester City vs Napoli. Solopos.com, MANCHESTER — Ibarat perang, pertarungan Manchester City versus Napoli di Stadion Etihad, Manchester, Rabu (18/10/2017) pukul 01.45 WIB, bakal dijatuhi bom dan dihujani granat. City dan Napoli termasuk lima klub…