Rabu, 10 November 2010 22:52 WIB Ekonomi Share :

Kereta anjlok di Indramayu, sejumlah jadwal perjalanan KA Solo Balapan telat

Solo (Espos)--Sejumlah kedatangan dan pemberangkatan kereta api Solo Balapan-Jakarta, Rabu (10/11), mengalami keterlambatan lantaran insiden tergulingnya kereta Cirebon Express.

Dari informasi yang dihimpun Espos, kereta dari Jakarta menuju Solo yang mengalami keterlambatan di antaranya <I>Argo Lawu<I> dan Senja Utama. Argo Lawu yang dijadwalkan tiba di Solo Balapan pukul 04.30 WIB, hingga 10.30 WIB belum bisa dipastikan. Begitu pula Senja Utama yang dijadwalkan tiba pukul 06.00 WIB.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Agus Wijayanto, saat ditemui Espos, di ruang kerjanya, menyampaikan dari informasi yang diterima, pukul 10.30 WIB kereta masih tertahan di wilayah Cirebon. Selain mengalami keterlambatan kedatangan, jadwal pemberangkatan ke Jakarta juga terganggu. <I>Argo Lawu<I> pagi pukul 08.00 WIB menunda keberangkatannya. Sebanyak 94 penumpang, terpaksa dialihkan dengan kereta <I>Lodaya<I> jurusan Bandung, pukul 08.30 WIB.

“Sebelumnya, kami sudah jual 117 tiket. Yang 94 tiket kami kembalikan dan beralih ke <I>Lodaya<I>, delapan tiket naik Argo Wilis relasi Surabaya-Bandung yang berangkat dari Solo Balapan pukul 11.20 WIB, sisanya batal kemungkinan naik pesawat,” papar Agus.

Dari Bandung, lanjut Agus, penumpang bisa memilih karena banyak alternatif Bandung-Jakarta.

Terkait penundaan Argo Lawu pagi, Agus mengatakan, PT KA Indonesia sudah mempersiapkan untuk memberangkatkan tujuh gerbong cadangan yang berangkat dari Semarang, dengan rute Semarang-Solo-Purwokerto-Jakarta.

“Dari Semarang bawa empat gerbong, dari Solo Balapan ditambah dua gerbong dan satu gerbong lagi nanti disambung dari Purwokerto. Kereta itu direncanakan berangkat dari Solo Balapan menuju Jakarta pukul 12.00 WIB. Kereta cadangan itu nanti akan mengangkut penumpang ke Jakarta dari Klaten, Jogja dan Purwokerto.”

Agus menambahkan, Rabu siang pihak Solo Balapan menghentikan sementara penjualan tiket ke Jakarta untuk <I>Argo Dwipangga<I> malam dan Senja Utama sore. “Sementara kami stop dulu. Jika lalu lintas sudah lancar, kami akan buka lagi.”

Pada bagian lain, kereta api Kertajaya rute Jakarta-Semarang-Surabaya, pukul 10.45 WIB tiba di Solo Balapan. Kereta tersebut, merupakan salah satu kereta yang terkena pengalihan rute. Salah satu penumpang, Sugiyono, mengatakan kereta yang ia tumpangi berangkat dari Jakarta Selasa (9/11) pukul 16.00 WIB.

“Saya mau turun di Bojonegoro. Biasanya, sampai di Bojonegoro jam 06.00 WIB. Tapi, sampai sekarang malah baru sampai di Solo. Karena rutenya dialihkan, biasanya lewat Semarang.”

haw

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…