News
Selasa, 9 November 2010 - 13:53 WIB

Pertamina tak mau disalahkan soal ketersediaan stok BBM

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–PT Pertamina (Persero) merasa tak diuntungkan karena dianggap paling bertanggung jawab terhadap stok BBM nasional. Perseroan berharap pemerintah mulai berlaku sebagai penanggung jawab ketersediaan stok BBM nasional.

Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun mengatakan, Pertamina akan siap bertanggung jawab hanya kepada stok penjualan.

Advertisement

“Dalam ketersediaan BBM tidak ada kejelasan mengenai siapa yang tanggung jawab dalam ketersediaan BBM. Pertamina diposisikan untuk tanggung jawab terhadap stok BBM. Harapannya pemerintah yang bertanggung jawab stok, Pertamina bertanggung jawab terhadap stok penjualannya,” tutur Harun dalam diskusi di Hotel Nikko, Jakarta, Selasa (9/11).

Banyak keluhan-keluhan yang disampaikan Harun mengenai tugas Pertamina. Karena Pertamina merupakan BUMN yang 100% dikuasai oleh negara, Harun berharap Pertamina mendapatkan perlakuan khusus (privillage) soal pelaksanaan tugasnya sebagai penyalur BBM bersubsidi. Menurutnya pengaturan penyaluran BBM bersubsidi belum jelas.

“Diharapkan Pertamina dapat privilege untuk pelaksanaan PSO dengan teteap memperhatikan marjin yang menguntungkan bagi Pertamina selaku BUMN. Apabila Pertamina tidak diberikan privillage, maka pada perusahaan lain harus diberikan perlakuan pertanggungjawaban yang sama dengan Pertamina,” tutur Harun.

Advertisement

Dalam kesempatan itu, Harun meminta pemerintah juga ikut mengatur harga BBM non subsidi. Carangan dengan menetapkan batas atas dan bawah harga BBM non subsidi yang dijual setiap pelaku ritel BBM di Indonesia.

Di sektor hulu, Pertamina juga meminta kepada pemerintah untuk memberikan insentif terhadap pembangunan kilang-kilang baru. Sehingga pembangunan kilang dapat menjadi prioritas bagi perusahaan migas.

dtc/tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : BBM
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif