Selasa, 9 November 2010 13:02 WIB News Share :

Parlemen China sumbang korban Merapi dan Mentawai

Jakarta–Parlemen China menemui Ketua MPR Taufiq Kiemas dan Ketua DPD Irman Gusman. Parlemen China menyumbang dana 10 juta remimbi (yuan) atau sekitar Rp 13 miliar untuk korban letusan Merapi dan tsunami di Mentawai.

“Bagus, pertemuannya persahabatan dan mereka menyumbang 10 juta remimbi untuk korban bencana Merapi dan Mentawai,” ujar Ketua MPR Taufiq Kiemas usai bertemu dengan Ketua Parlemen China di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11).

Selain itu Taufiq menuturkan, China juga akan menyumbang tenaga dan peralatan evakuasi korban Merapi. China akan mengirim ahli forensik untuk membantu identifikasi korban di lereng Merapi.

“Janjinya tentang bantuan korban Merapi dan tsunami. Identifikasi DNA dan early warning system tsunami. Biasanya kalau China janji ditepati,” ujar Taufiq.

Wakil Ketua MPR Hajrianto Tohari menuturkan bahwa dalam pertemuan singkat tersebut dibahas berbagai masalah kedua negara. Sejumlah kesepakatan juga dihasilkan dalam pertemuan tersebut.

“Banyak yang dibahas baik goverment to goverment maupun people to people. Kita menekankan kerjasama di bidang ekonomi, pendidikan, dan pertahanan,” ujar Hajrianto.

Setelah menemui MPR, Ketua Parlemen China akan menemui Ketua DPD Irman Gusman. Kemarin, Ketua Parlemen China sudah menemui Ketua DPR Marzuki Alie.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…