Selasa, 9 November 2010 12:28 WIB Internasional Share :

Mobil terkecil di dunia

dok AFP

dok AFP

London–Modifikator asal Inggris, Perry Watkins tidak henti-hentinya berkarya membuat mobil aneh. Setelah mobil paling tipis, dan meja makan yang melaju kencang, kini Watkins membuat mobil paling kecil di dunia.

Watkins membuat mobil terkecil ini dari mobil mainan Postman Pat yang dijalankan dengan koin dan mesin quad bike atau yang biasa dikenal sebagai ATV (all terrain vehicle). Bodi mobil mainan yang aslinya berwarna merah itu diganti catnya menjadi hitam, putih dengan semburan grafis api khas Watkins.

Seperti dikutip BBC dan diberitakan detikOto, Selasa (9/11) Watkins membuat mobil ini selama tiga bulan saja. Watkins mengeluarkan si tukang pos Pat dari mobilnya dan kemudian mengganti mesinnya dengan mesin betulan dari sebuah ATV tadi.

Mobil ini berukuran sangat mini dengan dimensi tinggi 1,04 meter, lebar 0,6 meter dan panjang 1,29 meter. “Ukurannya bahkan setengah dari mobil terkecil yang pernah ada yakni P50,” ujarnya.

Untuk kaki-kakinya, pria yang pernah membuat meja makan berjalan itu menggunakan ban asli dari sepeda motor Honda Monkey untuk ban belakang.

Sedangkan bagian roda depan menggunakan ban dari motor mini Brockhouse Corgi tahun 1939 dengan pelek hasil modifikasi sendiri.

Sayangnya tidak ada penjelasan kapasitas mesin yang digunakan Perry pada mobilnya ini. Namun diyakini mesinnya hanya 150 cc. Mobil tersebut dapat menempuh kecepatan maksimal 59,5 km per jam. Hebatnya, mobil ini juga memiliki seat belt untuk keamanan penggunanya.

Hasil karya Perry Watkins satu ini tidak sia-sia, setelah setahun lebih, Guinness Book of World Records seperti dilansir MSNBC, Selasa akhirnya mengakui mobil tersebut sebagai mobil terkecil di dunia yang bisa digunakan di jalan raya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…