News
Selasa, 9 November 2010 - 14:43 WIB

Diusulkan, tes minat dan bakat calon mahasiswa FKIP

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Forum Komunikasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Negeri se-Indonesia mengusulkan adanya tes minat dan bakat bagi calon mahasiswa FKIP.

Tujuannya agar FKIP di Indonesia lebih selektif dalam memilih calon mahasiswa yang nantinya akan menjadi pendidik. Ketua Forkom FKIP Negeri se-Indonesia, Prof Dr M Furqon Hidayatulah MPd, kepada wartawan di ruang Humas UNS, Senin (8/11), menjelaskan berdasarkan hasil pertemuan Forkom FKIP Negeri se-Indonesia, 5-7 November di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Forkom menghasilkan beberapa rekomendasi untuk pemerintah.

Advertisement

Salah satunya usulan agar tes bagi calon mahasiswa FKIP, tidak hanya menekankan aspek kognitif atau hanya berdasarkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), tapi juga ada tes minat dan bakat yang berkaitan dengan kemampuan kependidikan. “Tujuannya untuk melihat, apakah calon mahasiswa itu memiliki potensi sebagai pendidik atau tidak,” ujarnya.

Ia mencontohkan, tes minat dan bakat telah diberlakukan oleh beberapa jurusan. Diantaranya Jurusan Seni Rupa dan Penjaskes. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) juga pernah memberlakukan hal itu. Rekomendasi tersebut, imbuhnya, akan disampaikan ke Dirjen Dikti untuk diteruskan ke Mendiknas. Jika Mendiknas menyetujui, rekomendasi itu baru akan diterapkan.

ewt

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Tes Minat Dan Bakat
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif