Selasa, 9 November 2010 12:39 WIB News Share :

Dinkes pantau bantuan susu formula dan obat ke pengungsi

Gunung Kidul–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memantau bantuan susu formula dan obat-obatan kepada kalangan pengungsi korban letusan awan panas Gunung Merapi yang mengungsi di kabupaten ini.

“Kami memantau serius agar jangan sampai ada susu formula dan obat-obatan yang sudah kedaluwarsa diberikan para pengungsi Merapi. Petugas posko kami minta untuk teliti jika ada yang kedaluwarsa jangan diberikan pengungsi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul Sri Raharto di Wonosari, Selasa (9/11).

Selain itu, Ia meminta kalangan petugas posko tidak menerima susu formula bayi di bawah usia enam bulan karena menyangkut program pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif kepada bayi.

“Pemberian ASI eksklusif kepada bayi merupakan kepedulian kepada daya tahan tubuh anak sehingga kalau diberi susu formula dapat memengaruhi daya tahan tubuh bayi selama di tempat pengungsian,” jelasnya.

Setiap petugas posko bantuan, tambahnya, agar memerhatikan bantuan berupa obat-obatan yang disalurkan masyarakat atau lembaga-lembaga sosial.

“Kami akan melakukan pemeriksaan obat – obatan yang berasal dari bantuan kalangan masyarakat atau lembaga sosial untuk mengantisipasi adanya obat – obatan yang sudah kedaluwarsa. Jangan sampai obat kedaluwarsa diberikan pengungsi,” paparnya.

Dia mengakui selama ini belum menemukan obat-obatan kedaluwarsa di barak-barak pengungsian korban awan panas letusan Gunung Merapi.

“Meskipun belum menemukan obat kedaluwarsa, kami tetap meminta semua petugas dan relawan yang bertugas di penerimaan  bantuan untuk mewaspadai kemungkinan adanya obat – obatan yang sudah kedaluwarsa,” katanya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

LIGA ITALIA
Milan Kalah Lagi, Posisi Montella Tetap Aman

Liga Italia diwarnai dengan kekalahan AC Milan dari Inter. Solopos.com, MILAN – Posisi Vicenzo Montella sebagai pelatih kepala AC Milan disebut tetap aman meski dia gagal membawa Milan tampil oke sejauh ini. Hal itu diungkapkan oleh CEO Milan, Marco Fassone….