Selasa, 9 November 2010 08:40 WIB News Share :

Bandara Jogja masih tutup

Jakarta–Langit Jogja yang memburuk akibat letusan Gunung Merapi di perbatasan Jogja-Jawa Tengah, hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda membaik. Bandara Adi Sutjipto pun tetap ditutup untuk sementara.

“Saya beberapa kali kontak dengan teman-teman di sana (Jogja). Jadi sampai sekarang masih di-notam-kan,” kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Hary Cahyono, Selasa (9/11).

Notam adalah kependekan dari notice to airman, peringatan yang diberikan kepada semua pelaku penerbangan, termasuk para pemilik maskapai. Notam dikeluarkan oleh Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Hary mengaku tidak tahu kapan Notam terkait Bandara Adi Sutjipto  akan dicabut, sehingga bandara di pinggir Kota Gudeg itu bisa beroperasi kembali. Namun, bila situasi di Jogja sudah dirasa aman untuk penerbangan, maka notam itu akan dicabut.

“Penutupan sebuah bandara sekali lagi bukan persoalan tanggal, tapi keselamatan penumpang. Teman-teman di Yogya sebetulnya kasihan juga karena tidak ada yang mereka kerjakan. Mereka berharap cuaca segera membaik, sehingga bisa melayani aktivitas warga di sana,” kata Hary.

Menurut Hary, setiap harinya ada 40 penerbangan yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Adi Sutjipto. Namun, sampai saat ini, transportasi udara memang belum bisa dilakukan dan masih terhambat oleh faktor suaca.

“Kami sedang memberikan perhatian untuk bandara yang menjadi feeder-nya Jogja, semisal Solo. Kami memang tidak bisa mempengaruhi kebijakan airline untuk menambah rute ke Solo. Tapi dari hasil pembicaraan dengan beberapa airline yang menaruh perhatian khusus,” tutupnya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. SO GOOD FOOD, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

KUALIFIKASI PIALA ASIA U-19
Menuju Korea, Timnas Bakal Adaptasi Cuaca

Kualifikasi Piala Asia U-19 bakal diikuti Timnas Indonesia. Solopos.com, CIKARANG – Timnas Indonesia U-19 akan melakoni ajang kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan (Korsel). Mereka pun melakukan berbagai persiapan demi meraih hasil positif di fase tersebut. Babak kualifikasi…