Senin, 8 November 2010 14:18 WIB News Share :

Tolak kedatangan Obama, mahasiswa UI bakar bendera AS

Jakarta--Sedikitnya 15 mahasiswa dari Front Aksi Mahasiswa Universitas Indonesia berunjuk rasa menolak kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Mahasiswa membakar bendera AS.

Aksi ini digelar tepat di depan Stasiun Kereta Api (KA) UI, Depok, Jawa Barat, Senin (8/11).

Mahasiswa yang mengenakan jaket almamater warna kuning menggelar aksi teatrikal. Seorang mahasiswa tidur dan ditutupi bendera AS. Bendera itu ditarik lalu dibakar oleh rekan-rekannya.

“Pemerintah Indonesia seolah-olah mati karena selalu tunduk pada kebijakan Amerika,” kata seorang orator.

Mahasiswa menyanyikan lagu Indonesia Raya saat api membakar bendera AS itu. Mahasiswa selanjutnya bergerak menuju Stasiun UI.

Mereka mencorat-coret lantai di stasiun UI dengan tulisan “Tolak kedatangan Obama”, dan “Harga mati. Tolak Amerika Serikat.”

Mahasiswa menuntut agar Pemerintah Indonesia memutus hubungan luar negeri dengan Amerika Serikat, dan meninjau ulang kontrak-kontrak karya pertambangan Amerika. Puas beraksi, mahasiswa lalu membubarkan diri. Tidak ada aparat Kepolisian yang berjaga-jaga.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….