News
Senin, 8 November 2010 - 12:06 WIB

Polri selidiki keluarnya Gayus dari tahanan

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Polri memeriksa sejumlah petugas terkait bisa keluarnya Gayus Tambunan dari tahanan. Polri mendalami apakah ada dugaan unsur suap terkait izin keluar terdakwa kasus mafia pajak itu, yang disebut-sebut menemui istrinya di sebuah hotel itu.

“Jadi awalnya meminta izin, alasan tidak enak badan, untuk berobat. Oleh Kepala Rutan Bareskrim diizinkan. Karena sudah terlanjur di luar, pulangnya terlambat. Apakah ada negosiasi dengan petugas sehingga terlambat itu yg masih kita selidiki,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Iskandar Hasan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Senin (8/11).

Advertisement

Keluarnya Gayus dari tahanan itu kemudian terendus pimpinan Bareskrim Polri, hingga akhirnya, Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi mengambil sikap melaporkan ke Propam.

“Pemeriksaan masih dilakukan termasuk Kepala Rutannya,” ujarnya.

Gayus pergi pada Sabtu (6/11) pagi. Informasi yang beredar dia menemui istrinya di sebuah hotel sekaligus menghadiri resepsi. Alasan dia pergi karena sakit, padahal Gayus selama ini tampak sehat walafiat.

Advertisement

Hingga kini belum diketahui bagaimana hasi pemeriksaan delapan petugas tersebut. “Kita belum tahu, saya juga belum dapat data dari pemeriksaan Propam,” imbuhnya.

Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo sudah mengetahui soal keluarnya Gayus dari tahanan ini, dan memerintahkan pemeriksaan atas insiden ini.

“Sanksi nanti dilihat apakah kena sanksi disiplin kode etik atau ada pidananya. Kalau ada penyuapan ya dipidana,” urainya.

Advertisement

Meski demikian, Iskandar menambahkan, kalau tahanan berobat itu sebenarnya tetap diperbolehkan. “Dalam rangka berobat boleh-boleh saja asal dikawal dan balik lagi, yang lain-lain tidak boleh, apalagi kondangan. Kapolri mau transparan makanya kita proses,” tutupnya.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif