Senin, 8 November 2010 20:32 WIB News Share :

Jakarta bebas abu Merapi, Pilot Australia aerobatik di Halim

Jakarta–Angkatan Udara Australia menyatakan Jakarta aman dari abu vulkanik Gunung Merapi.

Tim aerobatik AU Australia, Roulettes pun menggelar latihan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Keadaan di sini cukup clear. Tidak ada masalah. Sejauh ini baik-baik saja,” ujar  Komandan Sekolah Penerbang AU Australia, wing commander David Penton, di Halim, Senin (8/11).

Kondisi aman ini dibuktikan oleh aksi memukau para penerbang negeri kanguru tersebut. Selama setengah jam, Roulettes menunjukkan aksi-aksi mendebarkan di udara.

Tim aerobatik Roulettes menggunakan 6 pesawat berjenis Pilatus PC-9A yang bercat merah putih. 3 Pilot TNI AU yang merupakan anggota tim aerobatik Jupiter, ikut dalam aksi ini.

Para pilot melakukan aksi-aksi aerobatik dengan kecepatan sekitar 590 km/jam. Mereka mempertahankan jarak antar pesawat hanya sekitar 3 meter. Uniknya selama atraksi, pilot satu dengan lainnya hanya berkomunikasi dengan bahasa isyarat tangan.

Mereka menunjukan berbagai manuver seperti loops, barrel rolls, mirror, corkscrew dan rollbacks.

“Kami ingin mengucapkan terimakasih pada TNI AU atas kesempatan latihan bersama ini,” ujar Penton.

Rencananya, Tim Roulettes akan tampil dalam Indodefence di Kemayoran, tanggal 10-13 November. Jika memungkinkan, mereka juga akan tampil di Bandara Adisutjipto tanggal 14 November nanti. Tapi tentu semua sesuai kondisi.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…