News
Senin, 8 November 2010 - 13:33 WIB

Debu Merapi setinggi 30 meter di Glagaharjo

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sleman-– Gunung Merapi telah mengeluarkan lebih dari 100 juta meter kubik material. Debu dan material Gunung Merapi ini di antaranya menumpuk di Desa Banjarsari, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Lokasi desa ini berjarak sekitar 15 kilometer dari puncak Merapi.

Menurut pengakuan warga setempat, Sriyono, 49, debu vulkanik dan material lain Merapi berjumlah sangat banyak menimbun kampungnya. Bahkan, Kali Gendol  yang dalamnya sekitar 25 meter sudah dipenuhi debu Merapi.

Advertisement

“Itu luar biasa dahsyat. Kali Gendol isinya sudah lumpur, pasir, dan debu,” kata Sriyono saat mencari anaknya yang juga relawan di RS Sardjito, Yogyakarta, Senin (8/11).

Timbunan debu Merapi tidak hanya sampai permukaan Kali Gendol. Kali utama yang berhulu dari Merapi. Timbunan debu dan material Merapi lainnya juga menimbun rumah-rumah di bantaran Kali Gendol. “Termasuk rumah saya yang setinggi lima meter. Itu juga sudah tertimbun,” ujar dia.

Rumah Sriyono hanya berjarak sekitar 50 meter dari bantaran Kali Gendol. Rumah-rumah warga yang berada di pinggiran Kali Gendol memiliki kerusakan sangat parah. Karena aliran lahar dingin dan awan panas ‘wedhus gembel’ meluncur bebas melalui aliran kali. “Hewan ternak juga banyak yang mati,” kata dia.

Advertisement

Pagi tadi, tim evakuasi kembali menemukan satu jenazah. Sebelumnya ada lima jenazah yang tiba lebih pagi. Dua dari lima jenazah itu berasal dari desa Glagaharjo.

vivanews/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif