Minggu, 7 November 2010 20:06 WIB News Share :

Sultan
Menu makan untuk pengungsi Merapi harus enak

Jogja–Di mata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, kesejahteraan pengungsi Merapi merupakan hal yang penting. Oleh karena itu ia mengimbau agar menu makan untuk para pengungsi ditentukan oleh pengungsi sendiri.

“Menu makan untuk pengungsi itu harus enak. Saya minta yang menentukan menu makan itu bukan juru masak. Tapi pengungsi,” ujar Sultan kepada wartawan seusai menghadiri doa bersama di Kraton Yogyakarta, Minggu (7/11) petang.

Menurut Sultan, kondisi psikologis pengungsi harus selalu dijaga. Ini karena bencana letusan Merapi dan lagi mereka dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan di pengungsian.

“Pengungsi ini orang menderita yang meninggalkan rumah. Jangan sampai ia menderita untuk kedua kali. Yang penting itu,” kata Sultan.

Ketersediaan fasilitas bagi pengungsi juga menjadi hal yang digarisbawahi oleh Raja Kraton Yogyakarta ini. Menurutnya, wanita dan anak-anak harus mendapat perhatian lebih.

“Kalau bisa itu komplit. Untuk anak-anak juga disediakan. Yang jelas dalam kondisi bencana pihak yang paling dirugikan adalah wanita dan anak-anak,” katanya.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…