Minggu, 7 November 2010 17:22 WIB News Share :

SBY minta pengungsi tak percaya isu menyesatkan soal Merapi

Jakarta–Beredarnya isu bahwa Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah akan meletus secara dahsyat dalam waktu dekat ini mengundang perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Presiden meminta pengungsi tidak mempercayai isu-isu yang tidak bertanggung jawab tersebut.

“Saya juga sampaikan, terkait adanya berita yang menyesatkan, ketika pemerintah sedang berusaha keras menanggulangi bencana, beredar SMS yang tidak bertanggung jawab. Bukan membantu dan peduli, malah menakut-nakuti. Saudara semua di sini harus mendengar penjelasan dari pemerintah,” kata SBY.

Hal itu disampaikan dia saat meninjau lokasi pengungsian korban Gunung Merapi di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta. SBY yang mengenakan baju berwarna hijau tampak didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono serta sejumlah menteri, di antaranya Menko Kesra Agung Laksono dan Menko Ekonomi Hatta Rajasa.

SBY tiba di lokasi pengungsian tersebut pukul 15.50 WIB, Minggu (7/11/2010). Begitu berjumpa dengan ribuan pengungsi yang berada di selasar stadion Maguwoharjo, ia mengucapkan salam.

“Assalamualaikum,” sapa SBY.

“Wallaikum salam,” jawab para pengungsi serempak.

Kepada pengungsi, SBY mengatakan, ia baru saja menerima laporan dari Badan Geologi bahwa sementara waktu Gunung Merapi belum normal. Karenanya, ia meminta para pengungsi untuk sementara tetap tetap tinggal di lokasi pengungsian.

“Lebih baik seperti ini, tetapi aman. Daripada buru-buru kembali ke rumah tapi belum tentu dinyatakan aman,” katanya,

SBY meminta para pengungsi untuk menuruti apa yang diperintahkan oleh aparat TNI/Polri dan seluruh pihak yang mengambil bagian dalam tanggap darurat Gunung Merapi. Ia juga meminta pengungsi menjaga persatuan dan kesatuan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Gubernur, Bupati, BNPB, PMI, Polri, PMI, relawan, dan mahasiwa,

yang telah bekerja siang malam. Allah akan membalas kebaikan Anda semua,” ucapnya.

Sebelum meninggalkan lokasi pengungsian, SBY menyempatkan diri untuk menyalami pengungsi sambil menitip pesan agar tetap bersabar. Setelah itu, SBY melanjutkan perjalanan ke Semarang, Jawa Tengah. SBY akan menginap di Semarang sebelum akhirnya kembali lagi ke Jakarta pada Senin (8/11) esok hari.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…