Soloraya
Sabtu, 6 November 2010 - 15:37 WIB

Warga dibuat resah sms tentang gempa

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Sebagian masyarakat di Kabupaten Klaten saat ini semakin dibuat resah dengan beredarnya short message service (sms) atau pesan singkat soal gempa.

Salah satu warga Klaten, Janu Kurniawan menyebutkan sebagian isi sms itu berbunyi bahwa pada Sabtu (6/11) sekitar pukul 20.00-22.00 WIB diperkirakan akan ada gempa. Untuk itu, imbuhnya, pada sms itu diimbau warga diminta tidak berada di dalam rumah.

Advertisement

“Pada sms tersebut menyebutkan sumbernya dari BMG Yogya. SMS itu cukup meresahkan masyarakat,” ucap Janu.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya www.bmg.go.id pada Sabtu ini menyampaikan sebuah rilis tentang isu gempa bumi tanggal 8-11 November.

Pada rilis tersebut, Deputi Bidang Geofisika BMKG, Dr P J Prih Harjadi mengemukakan tiga poin.

Advertisement

Pertama, telah beredar isu melalui SMS yang menyatakan bahwa akan ada gempa bumi melanda pantai selatan Jawa dan Jakarta tanggal 8-11 November 2010 dengan magnitude 8.8 SR yang mengatas namakan pegawai BMKG dan Media.

Kedua, BMKG menyatakan bahwa isu tersebut tidak benar dan menyesatkan. Tidak ada pegawai BMKG yang pernah menyatakan akan terjadinya suatu gempa bumi besar kedepan dan tidak akan pernah, karena gempa bumi saat ini belum bisa diprediksi kapan akan terjadi.

Ketiga, masyarakat diminta waspada dan tidak perlu menanggapi isu-isu semacam ini dan melaporkan kepada instansi yang terkait.

Advertisement

nad/*

Advertisement
Kata Kunci : SMS Tentang Gempa
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif