Sabtu, 6 November 2010 15:37 WIB Klaten Share :

Warga dibuat resah sms tentang gempa

Klaten (Espos)–Sebagian masyarakat di Kabupaten Klaten saat ini semakin dibuat resah dengan beredarnya short message service (sms) atau pesan singkat soal gempa.

Salah satu warga Klaten, Janu Kurniawan menyebutkan sebagian isi sms itu berbunyi bahwa pada Sabtu (6/11) sekitar pukul 20.00-22.00 WIB diperkirakan akan ada gempa. Untuk itu, imbuhnya, pada sms itu diimbau warga diminta tidak berada di dalam rumah.

“Pada sms tersebut menyebutkan sumbernya dari BMG Yogya. SMS itu cukup meresahkan masyarakat,” ucap Janu.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya www.bmg.go.id pada Sabtu ini menyampaikan sebuah rilis tentang isu gempa bumi tanggal 8-11 November.

Pada rilis tersebut, Deputi Bidang Geofisika BMKG, Dr P J Prih Harjadi mengemukakan tiga poin.

Pertama, telah beredar isu melalui SMS yang menyatakan bahwa akan ada gempa bumi melanda pantai selatan Jawa dan Jakarta tanggal 8-11 November 2010 dengan magnitude 8.8 SR yang mengatas namakan pegawai BMKG dan Media.

Kedua, BMKG menyatakan bahwa isu tersebut tidak benar dan menyesatkan. Tidak ada pegawai BMKG yang pernah menyatakan akan terjadinya suatu gempa bumi besar kedepan dan tidak akan pernah, karena gempa bumi saat ini belum bisa diprediksi kapan akan terjadi.

Ketiga, masyarakat diminta waspada dan tidak perlu menanggapi isu-isu semacam ini dan melaporkan kepada instansi yang terkait.

nad/*

lowongan pekerjaan
PT Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…