News
Sabtu, 6 November 2010 - 11:57 WIB

Pemerintah 'rogoh' APBN untuk beli ternak korban Merapi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Pemerintah akan mengambil dana dari APBN untuk membeli semua hewan ternak milik korban bencana letusan Gunung Merapi. Hal ini dilakukan sehingga korban tak perlu mendatangi rumahnya selagi Merapi bergejolak.

“Dana untuk beli ternak disediakan, dan dananya dari APBN,” ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa ketika dihubungi wartawan, Jumat malam (5/11).

Advertisement

Dikatakan Hatta dari 109 korban meninggal akibat letusan Merapi, kebanyakan dari mereka terjadi karena kembali ke rumahnya untuk menyelamatkan ternaknya,

“Pertambahan meninggal sekitar 109 orang, itu kan kebanyakan karena mereka kembali kerumah untuk mengambil ternak. Bapak Presiden sudah memutuskan, semua ternak di daerah becana dibeli. Sehingga mereka tidak perlu ke rumah yang masuk kategori berbahaya. Bisa diselamatkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Suswono mengatakan pemerintah menganggarkan Rp 100 miliar untuk membeli sapi-sapi ternak warga korban Merapi yang masih hidup.

Advertisement

Selain itu, Hatta mengatakan pemerintah belum melakukan penghitungan biaya infrastruktur dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi akibat bencana Merapi.

“Kita belum sampai ke situ. Sekarang baru sampai penyelamatan. Kita mengatasi bagaimana pengungsi sekian banyak, bagaimana masalah yang terkait daerah berbahaya yang meluas sampai radius 20 km,” ujarnya.

dtc/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif