Sabtu, 6 November 2010 13:03 WIB News Share :

Gelombang perairan selatan Jateng aman

Cilacap–Stasiun Meteorologi Cilacap memprakirakan wilayah perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta akan memasuki musim angin barat pada pertengahan November 2010.

“Saat ini sedang terjadi masa peralihan dari musim angin timur menuju musim angin barat. Kami prakirakan musim angin barat akan berlangsung mulai pertengahan November 2010 hingga Januari 2011,” kata analis cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo, di Cilacap, Sabtu (6/11).

Pada masa peralihan ini, kata dia, arah tiupan angin bervariasi, yakni dari timur laut hingga barat daya. Kendati demikian, kondisi gelombang di perairan selatan Jateng dan DIY pada masa peralihan hingga musim angin barat diprakirakan relatif kondusif.

“Biasanya pada musim angin barat, tinggi gelombang maksimum hanya mencapai tiga meter. Dengan demikian jarang terjadi cuaca ekstrem di wilayah perairan selama musim angin barat berlangsung,” katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan fenomena La Nina kuat berdampak pada ketinggian gelombang di perairan, dia mengatakan, fenomena tersebut hanya berdampak pada tingginya curah hujan.

Menurut dia, ketinggian gelombang sangat dipengaruhi dengan adanya daerah tekanan rendah. Oleh karena itu, pihaknya akan terus memantau kemungkinan adanya daerah tekanan rendah yang merupakan bibit badai dan berdampak pada tingginya gelombang di perairan.

“Namun untuk saat ini, kami belum melihat adanya daerah tekanan rendah yang akan muncul dalam waktu dekat sehingga kondisi perairan selatan Jateng masih relatif kondusif,” kata dia menjelaskan.

Terkait prakiraan tinggi gelombang di perairan selatan Jateng dan DIY pada hari Minggu (7/11), dia mengatakan, untuk wilayah pantai diprakirakan berkisar antara 0,5-2 meter dengan kecepatan angin 15-35 kilometer per jam yang bertiup dari arah timur laut hingga barat daya.

Sementara di wilayah Samudera Hindia, lanjutnya, tinggi gelombang diprakirakan berkisar antara 1-2,5 meter dengan kecepatan angin 25-40 km/jam yang bertiup dari arah timur laut hingga selatan.

“Secara umum kondisi cuaca di wilayah perairan diprakirakan berawan sebagian hingga berawan banyak dan berpeluang terjadi hujan ringan hingga sedang yang kadang disertai petir pada malam hingga pagi hari,” katanya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…